Sitem Informasi Geografis Reklame (Billboard) Di Kecamatan Kolaka Berbasis Web


Maritsa, Irene (2023) Sitem Informasi Geografis Reklame (Billboard) Di Kecamatan Kolaka Berbasis Web. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071191026_skripsi_27-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071191026_skripsi_27-02-2024 cover1.png

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H071191026_skripsi_27-02-2024 dp.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
H071191026_skripsi_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Reklame merupakan salah satu media promosi yang dapat meningkatkan strategi penjualan sebuah produk. Pendataan reklame di Kecamatan Kolaka dilakukan dengan cara survey langsung ke lokasi reklame dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga menimbulkan permasalahan yaitu sulitnya pimpinan Kecamatan Kolaka dalam mengawasi dan mengontrol pengelolaan reklame. Permasalahan lain yaitu pihak penyewa reklame mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian lokasi titik reklame yang masih kosong. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, studi ini merancang dan menerapkan sistem informasi geografis reklame (billboard) berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan pihak pimpinan dan pihak penyewa dalam mengakses informasi reklalme. Kebutuhan fungsional sistem ini mencakup kemampuan untuk menampilkan informasi penyewaan serta titik pemasangan reklame, memungkinkan penyewa untuk melakukan pencarian reklame dan melihat informasi detail reklame, serta memungkinkan pimpinan untuk monitoring dan mengakses informasi reklame secara efisien. Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel, serta sistem database MySQL. Implementasi mencakup tiga tipe pengguna, dengan fungsi dan tampilan yang berbeda-beda, dan dua entitas utama yang dihubungkan melalui berbagai relasi seperti yang dijelaskan dalam Entity Relationship Diagram (ERD). Efektivitas sistem telah diuji melalui Blackbox Testing dan User Acceptance Test (UAT), yang masing-masing memberikan hasil positif. Berdasarkan analisis data UAT menggunakan Skala Likert, indeks rata-rata tingkat kepuasan user admin adalah 92,5%, user pimpinan 90%, dan user penyewa 96,24%. Hasil ini mengindikasikan bahwa sistem ini telah berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dan efektif dalam membantu pimpinan dan penyewa dalam mengakses informasi reklame.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reklame, Sistem Informasi Geografis, Web
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 22 Apr 2025 00:59
Last Modified: 22 Apr 2025 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44153

Actions (login required)

View Item
View Item