Pengaturan Kecepatan Kapal Menggunakan Metode PID


Syahril, Zul (2025) Pengaturan Kecepatan Kapal Menggunakan Metode PID. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D091191032_skripsi_31-12-2024  bab 1-2.pdf] Text
D091191032_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D091191032_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
D091191032_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of D091191032_skripsi_31-12-2024 dp.pdf] Text
D091191032_skripsi_31-12-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D091191032_skripsi_31-12-2024.pdf] Text
D091191032_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Pengaturan kecepatan kapal memiliki peranan penting dalam peningkatan kualitas pelayaran. Kegagalan dalam mempertahankan kecepatan kapal dapat mengakibatkan kesalahan estimasi waktu tiba (Estimate Time Arrival) yang dapat mengakibatkan kerugian ekonomis bahkan dapat memicu perspektif negatif publik terhadap pihak penyelenggara jasa pelayaran. Pada kapal dengan sistem navigasi konvensional, hal ini dapat dengan mudah dilakukan oleh manusia. Namun sebaliknya, kapal dengan sistem navigasi autopilot memerlukan mekanisme khusus untuk dapat mengatur pergerakan kapal. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang sistem pengaturan kecepatan kapal serta model komunikasi antara kapal dengan groundstation pada model kapal ikan . Pengaturan kecepatan dilakukan dengan memanfaatkan error kecepatan dari pembacaan GPS terhadap nilai setpoint. Nilai error dari hasil pembacaan diproses dengan metode kendali PID (Proportional Integral, Derivative) untuk membangkitkan sinyal kendali kecepatan kapal. Penentuan nilai parameter kendali PID dilakukan dengan metode trial&error hingga diperoleh variasi nilai dengan performa terbaik. Dari hasil percobaan didapatkan nilai parameter kendali Kp = 6 , Ki = 1 dan Kd = 0,5. Variasi nilai tersebut memiliki performa yang baik dengan nilai persentase steady state errorsebesar 0.4% dan settling time sebesar 8.5 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:32
Last Modified: 16 Apr 2025 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43943

Actions (login required)

View Item
View Item