ANALISIS DAN PEMODELAN KEMIRINGAN LERENG UNTUK PENENTUAN FAKTOR KEAMANAN PADA FRONT DAN WASTEDUMP SOSOLAT PADA TAMBANG PT. ANTAM UBPN PROVINSI MALUKU UTARA = ANALYSIS AND SLOPE MODELING FOR DETERMINING SAFETY FACTORS AT THE FRONT AND WASTEDUMP SOSOLAT MINING AREA, PT. ANTAM UBPN, NORTH MALUKU PROVINCE


Alfatih Hasan, M. Zidane (2024) ANALISIS DAN PEMODELAN KEMIRINGAN LERENG UNTUK PENENTUAN FAKTOR KEAMANAN PADA FRONT DAN WASTEDUMP SOSOLAT PADA TAMBANG PT. ANTAM UBPN PROVINSI MALUKU UTARA = ANALYSIS AND SLOPE MODELING FOR DETERMINING SAFETY FACTORS AT THE FRONT AND WASTEDUMP SOSOLAT MINING AREA, PT. ANTAM UBPN, NORTH MALUKU PROVINCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of D061191066_skripsi_09-01-2025  bab 1-2.pdf] Text
D061191066_skripsi_09-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D061191066_skripsi_09-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
D061191066_skripsi_09-01-2025 cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of D061191066_skripsi_09-01-2025 dp.pdf] Text
D061191066_skripsi_09-01-2025 dp.pdf

Download (17MB)
[thumbnail of D061191066_skripsi_09-01-2025.pdf] Text
D061191066_skripsi_09-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.

Download (21MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kestabilan lereng di area front dan wastedump Sosolat PT. Antam Tbk. Melalui pemodelan dan pengujian single slope pada berbagai material, ditentukan bahwa desain lereng yang optimal memiliki tinggi 6 meter dan sudut kemiringan 60°. Parameter ini digunakan sebagai dasar dalam pembuatan model lereng yang akan dianalisis lebih lanjut.Analisis kestabilan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Slide, yang menghasilkan nilai faktor keamanan (FK) pada beberapa sayatan. Sayatan A-B dan untuk wastedump, nilai FK mencapai 5,530. Berdasarkan Kepmen ESDM nomor 1827, lereng dianggap stabil jika nilai FK lebih dari 1,20. Hasil ini menunjukkan bahwa lereng berada dalam kondisi stabil. Namun, analisis tambahan mengenai Probability of Failure (PoF) menunjukkan adanya risiko longsoran yang signifikan pada lereng front Sosolat.Untuk memperbaiki desain lereng, penelitian ini juga melakukan optimasi dengan mempertimbangkan tinggi lereng yang tetap 6 meter dan dampak beban seismik. Hasil optimasi menunjukkan bahwa meskipun faktor seismik diperhitungkan, nilai FK dan PoF tetap dalam batas aman sesuai dengan standar yang berlaku. Ini menegaskan bahwa desain lereng masih dapat dianggap stabil dalam kondisi yang ada.Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti pentingnya pemodelan dan analisis risiko dalam pengelolaan kestabilan lereng. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi manajemen risiko di industri pertambangan, dengan rekomendasi untuk menerapkan sistem pemantauan yang efektif guna memastikan keselamatan operasional dan mengurangi potensi longsoran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Keamanan, Kestabilan, Lereng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:04
Last Modified: 14 Apr 2025 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43887

Actions (login required)

View Item
View Item