Riyanti, Gita Angela (2024) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FASILITAS DAN PERALATAN PELABUHAN DENGAN DAYA LALU (TROUGHPUT) DI TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR TERMINAL 2 = Analysis of Correlation between Port Facilities and Equipment with Throughput at New Makassar Terminal 2. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D081191039_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D081191039_skripsi_07-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D081191039_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg]](/43886/2.hassmallThumbnailVersion/D081191039_skripsi_07-01-2025%20cover1.jpg)

D081191039_skripsi_07-01-2025 cover1.jpg
Download (175kB) | Preview
![[thumbnail of D081191039_skripsi_07-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D081191039_skripsi_07-01-2025 dp.pdf
Download (388kB)
![[thumbnail of D081191039_skripsi_07-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D081191039_skripsi_07-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu faktor penting yang diperhatikan dalam oprasional dan pengembangan
pelabuhan adalah throughput. Pemerintah menetapkan standarisasi daya lalu suatu
pelabuhan untuk memastikan setiap pelabuhan tetap beroprasi dengan efektif.
Throughput merupakan jumlah muatan dan kapal yang dapat ditangani pelabuhan dari
waktu ke waktu. Penilaian yang sangat penting dalam produktivitas suatu terminal
bahkan pelabuhan, hal ini dipengaruhi oleh jumlah dan jenis alat angkut dan angkat yang
digunakan. Dalam tugas akhir ini dibangun model perhitungan yang dapat
menghubungkan fasilitas dan peralatan pelabuhan dengan throughput. Model
perhitungan kemudian dikembangkan untuk mengetahui kekurangan kapasitas
pelabuhan dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Model juga dikembangkan
untuk mendapatkan persamaan matematis dengan bentuk
Y = C + a * LOA + ß * jumlah box – λ * (NOT+IT) menggunakan pendekatan analisis regresi
linier berganda. Dimana Y adalah throughput, C adalah konstanta, a,ß,λ adalah koefisien
variabel, LOA adalah variabel panjang kapal, jumlah box adalah banyaknya petikemas
yang dibongkar/muat dalam satu kapal, dan (NOT+IT) adalah waktu tidak beroperasional
kapal di tambatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | throughput; fasilitas; peralatan; kinerja pelabuhan; model persamaan |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 01:55 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43886 |