Anughrah, Srikandy (2025) Studi Reduksi Harmonisa Motor Induksi Tiga Fasa Akibat Penggunaan Variable Frequency Drive (VFD) Pada Fan Cooler PT. Semen Tonasa Unit V. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D041201065_skripsi_09-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D041201065_skripsi_09-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (982kB)
![[thumbnail of D041201065_skripsi_09-01-2025 cover1.jpg]](/43829/2.hassmallThumbnailVersion/D041201065_skripsi_09-01-2025%20cover1.jpg)

D041201065_skripsi_09-01-2025 cover1.jpg
Download (254kB) | Preview
![[thumbnail of D041201065_skripsi_09-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D041201065_skripsi_09-01-2025 dp.pdf
Download (532kB)
![[thumbnail of D041201065_skripsi_09-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D041201065_skripsi_09-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
PT. Semen Tonasa yang merupakan produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia banyak menggunakan motor induksi tiga fasa sebagai alat untuk proses produksi. Untuk mengendalikan kecepatan putaran motor-motor induksi tersebut digunakan variable frequency drive (VFD). VFD ini memiliki sebagian besar komponen elektronika yang dapat dikategorikan sebagai beban non linear yang akan menimbulkan harmonisa pada sistem kelistrikan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kandungan harmonisa pada motor induksi tiga fasa akibat penggunaan variable frequency drive (VFD) di Fan Cooler PT. Semen Tonasa Unit V dan cara mereduksinya dengan menggunakan filter pasif jenis single tuned. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pemodelan jaringan distribusi kemudian melakukan simulasi harmonisa. Hasil simulasi menunjukkan kandungan harmonisa tegangan (THDv) dan harmonisa arus (THDi) di ketiga fasa sumber harmonisa (R, S, dan T) pada masing-masing bus LV03 dan LV04 berada di atas standar IEEE 519-2014 dengan batas sebesar 8% untuk THDv dan 5% untuk THDi. Dengan pemasangan single tuned filter, harmonisa dapat direduksi sehingga nilainya berada di bawah standar IEEE 519-2014 di masing-masing bus LV03 dan bus LV04 dengan nilai THDv setelah pemasangan filter sebesar 1,54% dan 1,71% (sumber fasa R), 1,49% dan 1,60% (sumber fasa S), serta 1,53% dan 1,71% (sumber fasa T). Dan nilai THDi setelah pemasangan filter sebesar 2,01% dan 2,68% (sumber fasa R), 1,77% dan 2,40% (sumber fasa S), serta 2,53% dan 3,26% (sumber fasa T).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 04:08 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 04:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43829 |