EFEKTIFITAS PELATIHAN LIFE SKILL EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOSOSIAL ANGGOTA LSBN (Studi pada SMK Negeri 08 Makassar)


MAHMUD, BASRI (2006) EFEKTIFITAS PELATIHAN LIFE SKILL EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOSOSIAL ANGGOTA LSBN (Studi pada SMK Negeri 08 Makassar). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
basrimahmu-216-1-ps0208 cover.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
basrimahmu-216-1-ps0208 1-2.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
basrimahmu-216-1-ps0208 dapus-lam.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
basrimahmu-216-1-ps0208.pdf

Download (283kB)

Abstract (Abstrak)

BASRI MAHMUD, Efektifitas Pelatihan Life Skill Education terhadap Peningkatan Kemampuan Psikososial Kelompok LSBN (Studi pada SMK Negeri 08 Makassar ), (dibimbing oleh M. Ridwan Thaha dan Sani Silwana)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian pelatihan Life Skill Education terhadap peningkatan kemampuan atau keterampilan psikososial anggota LSBN dalam upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Negeri o8 Makassar yang berlokasi di jl. Mongisidi Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan quasi eksperimental.Responden adalah anggota LSBN SMK Negeri 08 Makassar yang dipilih secara purposive sampling. Jumlah sample sebanyak 27 orang yang diberikan tes sebelum dan sesudah pemberian pelatihan life skill education. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berfikir kritis, keterampilan mengambil keputusan, keterampilan komunikasi efektif dan keterampilan interpersonal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Pelatihan Life Skill Education lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis, keterampilan mengambil keputusan dan keterampilan komunikasi efektif, dan kurang efektif menigkatkan keterampilan interpersonal dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan NAPZA. Sebagai rekomendasi pelatihan life skill education dapat dijadikan sebagai alternative dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis, keterampilan mengambil keputusan dan keterampilan komunikasi efektif. Sebaiknya pelatihan ini diterapkan secara terstruktur dan berkesinambungan pada sekolah-sekolah lain.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi para promotor kesehatan dan penentu kebijakan pada sekolah yang bersangkutan untuk mengembangkan metode pelatihan Life Skill Education dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan NAPZA.
Kata kunci : Life Skill Education, berfikir kritis, mengambil keputusan, komunikasi efektif dan interpersonal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 May 2021 03:29
Last Modified: 20 May 2021 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item
View Item