EVALUASI PENERAPAN CASE BASED DISCUSSION DAN PENGARUH PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN PENDIDIK KLINIS TERHADAP PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK


Nayoan, Christin Rony (2025) EVALUASI PENERAPAN CASE BASED DISCUSSION DAN PENGARUH PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN PENDIDIK KLINIS TERHADAP PERSEPSI DAN TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of C012222005_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf] Text
C012222005_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C012222005_tesis_14-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
C012222005_tesis_14-01-2025 cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of C012222005_tesis_14-01-2025 dp.pdf] Text
C012222005_tesis_14-01-2025 dp.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of C012222005_tesis_14-01-2025.pdf] Text
C012222005_tesis_14-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Case Based Discussion (CBD) adalah sebuah metode penilaian
berbasis tempat kerja bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam menyelesaikan masalah klinis yang kompleks. Wawancara dengan dua
Dosen Pendidik Klinis (DPK) memberi kesan adanya kekurangpahaman dalam
pelaksanaan CBD yang berpotensi capaian pembelajaran dan kompetensi lulusan
kurang tercapai. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan
CBD. Metode: Penelitian mixed-method, dengan exploratory sequential design.
Pengumpulan data kualitatif dilaksanakan dengan wawancara semi terstruktur,
kemudian dilakukan analisis tematik. Data kualitatif dielaborasi menjadi modul
penguatan kompetensi DPK terkait CBD, dilakukan pelatihan pada DPK dan
dilanjutkan tahap kuantitatif membandingkan Tingkat pengetahuan dan Persepsi
peserta didik terhadap CBD antara kelompok yang DPK-nya belum mengalami
penguatan kompetensi (kontrol) dengan yang sudah mengalami (perlakuan).
Hasil: Lima DPK dan 60 peserta didik berpatisipasi dalam penelitian ini. Evaluasi
penerapan CBD dari pada DPK didapatkan tujuh tema yang menunjukkan
persepsi yang positif dari DPK, pemahaman yang keliru, hambatan, tantangan dan
saran. Sedangkan Persepsi dari peserta didik terhadap CBD Sebagian besar
positif dan evaluasi penerapan modul selama satu bulan belum menunjukkan
adanya perbedaan bermakna terhadap Tingkat pengetahuan dan persepsi peserta
didik. Kesimpulan: Penerapan CBD sudah dilakukan dengan cukup baik yang
ditunjukkan dengan persepsi yang positif baik dari pendidik dan peserta didik tetapi
masih perlu penguatan pada beberapa area.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 09 Apr 2025 01:36
Last Modified: 09 Apr 2025 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43644

Actions (login required)

View Item
View Item