Strategi Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat Pada PT. Pegadaian Kanwil VI Makassar = MARKETING STRATEGY FOR KREDIT USAHA RAKYAT PRODUCT AT PT. PEGADAIAN REGIONAL OFFICE VI MAKASSAR


Kinasih, Sekar (2024) Strategi Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat Pada PT. Pegadaian Kanwil VI Makassar = MARKETING STRATEGY FOR KREDIT USAHA RAKYAT PRODUCT AT PT. PEGADAIAN REGIONAL OFFICE VI MAKASSAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of A012231015_tesis_16-01-2025 bab 1-2.pdf] Text
A012231015_tesis_16-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of A012231015_tesis_16-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
A012231015_tesis_16-01-2025 cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of A012231015_tesis_16-01-2025 dp.pdf] Text
A012231015_tesis_16-01-2025 dp.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of A012231015_tesis_16-01-2025.pdf] Text
A012231015_tesis_16-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SEKAR KINASIH. Strategi Pemasaran Produk Kredit Usaha Rakyat pada PT. Pegadaian Kanwil VI Makassar (dibimbing oleh Muhammad Asdar dan Muhammad Ismail).

Pada tahun 2022, PT Pegadaian meluncurkan produk Kredit Usaha Rakyat dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah dalam memperluas dan meningkatkan akses pembiayaan bagi usaha produktif, khususnya bagi sektor UMKM. Produk ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lain serta masih terbatasnya cakupan jaringan Pegadaian menjadi tantangan yang perlu dihadapi dalam menyalurkan produk ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penyaluran produk KUR Pegadaian dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disusun strategi TOWS yang memberikan arah bagi Pegadaian untuk memaksimalkan potensi penyaluran produk kur dan mengatasi tantangan yang ada. Adapun alternatif strategi yang dihasilkan diantaranya mengoptimalkan keunggulan produk KUR, memperluas cakupan dengan pemasaran digital dan digitalisasi layanan, serta manajemen risiko yang baik untuk meminimalisir risiko kredit macet.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran , Kredit Usaha Rakyat , Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks QSP, Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:08
Last Modified: 10 Mar 2025 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43243

Actions (login required)

View Item
View Item