Septiani Yusuf, Erika (2024) Penilaian Kepuasan Pengunjung terhadap Kualitas Pelayanan (Service and Quality) di Taman Prasejarah Leang Leang, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung = Assessment of Visitor Satisfaction with Service Quality (Service and Quality) at Leang Leang Prehistoric Park, Bantimurung Bulusaraung National Park. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of M011191024_skripsi_19-08-2024 bab I-II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011191024_skripsi_19-08-2024 bab I-II.pdf
Download (667kB)
![[thumbnail of M011191024_skripsi_19-08-2024 cover1.jpg]](/43227/2.hassmallThumbnailVersion/M011191024_skripsi_19-08-2024%20cover1.jpg)

M011191024_skripsi_19-08-2024 cover1.jpg
Download (294kB) | Preview
![[thumbnail of M011191024_skripsi_19-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011191024_skripsi_19-08-2024 dp.pdf
Download (580kB)
![[thumbnail of M011191024_skripsi_19-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011191024_skripsi_19-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Taman Prasejarah Leang Leang merupakan salah satu destinasi objek wisata sejarah yang diminati wisatawan yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kepuasan wisatawan sangat penting dalam pengembangan wisata alam yang berkelanjutan yang dapat diwujudkan melalui pemberian kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan di Taman Prasejarah Leang Leang, yang terletak di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling, yaitu sampling insidental, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada wisatawan yang pernah berkunjung ke Taman Prasejarah Leang Leang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan Taman Prasejarah Leang Leang sangat puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan pengelola, dengan nilai CSI sebesar 83,17%. Namun, pengelola Taman Prasejarah Leang Leang perlu meningkatkan beberapa aspek terutama informasi jaminan keamanan, penanganan keluhan pengunjung, dan kemudahan menghubungi pengelola, untuk meningkatkan nilai kepuasan secara signifikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman Prasejarah Leang Leang, Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) |
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kehutanan > Kehutanan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:51 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43227 |