Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Pedagang Sayuran Di Kota Makassar = Factors Affecting the Business Performance of Vegetable Traders in Makassar City


Ramadandi, Ramadandi (2024) Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Pedagang Sayuran Di Kota Makassar = Factors Affecting the Business Performance of Vegetable Traders in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021171031_skripsi_08-08-2024 cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021171031_skripsi_08-08-2024 bab I-II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021171031_skripsi_08-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021171031_skripsi_08-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Makassar sebagai kota terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang memiliki pedagang sayur yang cukup banyak dan tersebar luas di kota Makassar. Salah satu tempat di Kota Makassar yang memiliki potensi pedagang sayuran yang cukup banyak adalah di Pasar Terong Makassar. Pasar Terong adalah pasar tradisional yang berada tepatnya di Jalan Terong, Kelurahan Wajo Baru, Kecamatan Bontoala kota Makassar. Pasar ini terkenal sebagai pemasok sembilan bahan kebutuhan pokok, seperti sayur-mayur, aneka jenis ikan, telur, buah-buahan, dll yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran, kualitas dan kuantitas produk, SDM, dan finansial terhadap Kinerja Usaha serta pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Usaha pedagang sayuran di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic deskriptif, dimana tujuan pertama menggunakan kriteria tingkat capaian responden (TCR). Kemudian tujuan kedua menggunakan Analisis Structural Equation Modelling (SEM).Hasil dari penelitian ini yaitu Pemasaran, Kualitas dan kuantitas produk, SDM dan finansial berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Usaha. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik faktor-faktor tersebut, maka akan semakin bagus Kinerja Usaha yang dilakukan oleh pedagang sayuran dalam mengelola usaha sayuran di Kota Makassar khususnya di Pasar Terong. Kemudian Pemasaran, Kualitas dan kuantitas produk, SDM dan finansial berpengaruh secara tidak langsung terhadap peningkatan Pertumbuhan Usaha sayuran di Kota Makassar khususnya di Pasar Terong, sedangkan Kinerja Usaha melalui indikatornya yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan berpengaruh secara langsung dan nyata terhadap kinerja usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagang sayuran, Kinerja Usaha, Kinerja usaha
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:05
Last Modified: 06 Mar 2025 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43178

Actions (login required)

View Item
View Item