SYAIR, MUHAMMAD IRSYAD (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KETERAMPILAN BERBAHASA PRANCIS MAHASISWA (SUATU ANALISIS SWOT) = FACTORS INFLUENCING STUDENTS' FRENCH LANGUAGE SKILLS (A SWOT ANALYSIS). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/43078/1.hassmallThumbnailVersion/F051201032_skripsi_27-12-2024_cover1.jpg)

F051201032_skripsi_27-12-2024_cover1.jpg
Download (159kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F051201032_skripsi_27-12-2024_bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F051201032_skripsi_27-12-2024_dapus(FILEminimizer).pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
F051201032_skripsi_27-12-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2027.
Download (941kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbahasa Prancis mahasiswa dengan menggunakan pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Sastra Prancis Universitas Hasanuddin, dengan fokus pada internal factors (strengths, weaknesses) dan external factors (opportunities, threats) yang memengaruhi keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara (production orale). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed method) yang terdiri dari pengumpulan data kuantitatif melalui survei dan data kualitatif melalui wawancara. Sampel penelitian melibatkan 40 mahasiswa Program Studi Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memengaruhi keterampilan berbahasa Prancis mencakup variasi teknik pembelajaran, penggunaan teknologi, dan tingkat kepercayaan diri mahasiswa. Sementara itu, faktor eksternal meliputi peluang seperti partisipasi dalam olimpiade bahasa dan penggunaan teknologi pembelajaran, serta ancaman seperti keterbatasan fasilitas dan kompleksitas bahasa Prancis. Analisis SWOT menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa Prancis mahasiswa berada dalam kategori strategi pertahanan (defense strategy), dengan berbagai strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa mereka, seperti peningkatan kepercayaan diri, pemanfaatan teknologi, dan partisipasi dalam kompetisi bahasa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa asing yang lebih efektif, serta memberikan wawasan bagi institusi pendidikan dalam merancang program yang lebih mendukung peningkatan keterampilan berbahasa mahasiswa.
Keyword : Keterampilan berbahasa Prancis, Analisis SWOT, Faktor internal dan Faktor eksternal, Strategi pembelajaran, Sastra Prancis, Universitas Hasanuddin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | French language skills, SWOT Analysis, Internal and external factors, Learning strategies, French Literature, Hasanuddin University. |
Subjects: | P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Prancis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:34 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43078 |