Ao Unru, Andi Noval (2025) KAMPANYE POLITIK CALEG DPRD KOTA MAKASSAR 2024 (STUDI KASUS MUH. FARID RAYENDRA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of E041201074_skripsi_20-08-2024 bab I-II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E041201074_skripsi_20-08-2024 bab I-II.pdf
Download (466kB)
![[thumbnail of E041201074_skripsi_20-08-2024 cover1.jpg]](/42933/2.hassmallThumbnailVersion/E041201074_skripsi_20-08-2024%20cover1.jpg)

E041201074_skripsi_20-08-2024 cover1.jpg
Download (364kB) | Preview
![[thumbnail of E041201074_skripsi_20-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E041201074_skripsi_20-08-2024 dp.pdf
Download (439kB)
![[thumbnail of E041201074_skripsi_20-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E041201074_skripsi_20-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ANDI NOVAL AO UNRU. Kampanye Politik Caleg DPRD Kota Makassar 2024 (Studi Kasus Muh. Farid Rayendra) (dibimbing oleh Ariana Yunus dan Haryanto). Latar belakang. Muh. Farid Rayendra merupakan salah satu caleg Partai Gerindra yang maju pada Pemilu DPRD Kota Makassar Tahun 2024 dari Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Mamajang, Mariso, dan Tamalate. Farid merupakan anak dari pimpinan Partai Gerindra di Sulawesi Selatan dan masih berstatus mahasiswa. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk marketing politik yang dijalankan Muh. Farid Rayendra sehingga terpilih sebagai anggota DPRD Kota Makassar. Metode. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis studi kasus. Adapun pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, strategi pass marketing dilakukan Muh. Farid Rayendra untuk menjalin hubungan dengan para influencer seperti bertemu dengan RT RW, tokoh agama seperti ustad setempat dengan cara membangun diskusi untuk mencari permasalahan yang belum terselesaikan. Kedua, strategi push marketing yang digunakan Muh. Farid Rayendra beserta tim intinya dengan cara melakukan door to door dengan masyarakat serta mengajak diskusi untuk mengetahui permasalahan terjadi di Dapil 5 Makassar. Ketiga, strategi pull marketing Muh. Farid Rayendra lebih terfokuskan pada media sosial. Keempat, strategi person Muh. Farid Rayendra adalah merupakan anak pimpinan Partai Gerindra Sulsel dan pesona fisik Muh. Farid Rayendra yang dianggap tampan dan masih muda. Kelima, strategi polling Muh. Farid Rayendra melakukan survey yang dilakukan berasal dari tim Muh. Farid Rayendra yang menggunakan pengumpulan fotokopi KTP-KK dengan mendatangi rumah warga dan mendata warga. Kesimpulan. Muh. Farid Rayendra menjalankan marketing politiknya pada Pemilu 2024 dengan optimal dan lebih banyak bertumpu pada tatap muka, hal ini membuat dirinya berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Makassar 2024-2029.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:09 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42933 |