Ancaman dan Strategi Adaptasi Pelaku UMKM Menghadapi Online Shop (Studi Kasus Pasar Sentral Kota Makassar)


Livia, Livia (2025) Ancaman dan Strategi Adaptasi Pelaku UMKM Menghadapi Online Shop (Studi Kasus Pasar Sentral Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E071201010_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
E071201010_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of E071201010_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E071201010_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of E071201010_skripsi_10-09-2024 dp.pdf] Text
E071201010_skripsi_10-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E071201010_skripsi_10-09-2024.pdf] Text
E071201010_skripsi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pasar sentral salah satu pusat perbelanjaan di Kota Makassar yang ramai pengunjung, namun sekarang pengunjung sangat sepi yang membawa dampak signifikan terhadap ekonomi para pelaku UMKM di Pasar sentral Kota Makassar, fenomena ini terjadi karena maraknya penggunaan Online Shop, kurangnyan pengunjung yang datang ke toko fisik yang secara langsung mengancam kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian Ini mengungkap apa saja ancaman dan strategi adaptasi yang dilakukan para pelaku UMKM di Pasar sentral kota Makassar dalam menghadapi online shop dan bagaimmana efektivitas dari strategi yang mereka lakukan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Antropologis melalui format deskriptif, analisis, dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang di Pasar Sentral Kota Makassar menghadapi berbagai tantangan dalam mengadopsi teknologi digital dan platform e-commerce. Banyak pedagang masih mengandalkan metode tradisional dan kesulitan memahami serta menggunakan teknologi baru. Pengetahuan dan keterampilan yang terbatas di bidang teknologi digital merupakan hambatan utama yang menghalangi adaptasi yang cepat dan efektif. Persaingan dengan toko online dan perubahan perilaku konsumen yang lebih menyukai kenyamanan berbelanja digital memaksa pedagang untuk berinovasi dan mengadopsi model bisnis hibrida. Meskipun begitu ada beberpa strategi yang mereka lakukan efektif namun lebih dominan strategi yang dilakukan tidak efektif.

The Central Market is one of the shopping centers in Makassar City that used to be crowded with visitors. However, it is now experiencing a significant decline in visitors, which has had a considerable impact on the economy of SMEs (Small and Medium Enterprises) in the Central Market of Makassar. This phenomenon is largely due to the widespread use of online shops, leading to fewer customers visiting physical stores, which directly threatens the overall economic well-being of the market. The purpose of this study is to uncover the threats and strategies employed by SMEs in the Central Market of Makassar in facing the rise of online shops, and to assess the effectiveness of the strategies they have implemented. This study utilizes a qualitative research method with an anthropological approach through descriptive, analytical, and interpretative formats. The findings of this study indicate that traders in the Central Market of Makassar face various challenges in adopting digital technology and e-commerce platforms. Many traders still rely on traditional methods and struggle to understand and use new technologies. Limited knowledge and skills in the field of digital technology are the main barriers that hinder quick and effective adaptation. Competition with online stores and the changing consumer behavior that favors the convenience of digital shopping force traders to innovate and adopt hybrid business models. Although some strategies they have implemented are effective, the majority of the strategies have proven to be ineffective.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:32
Last Modified: 05 Mar 2025 03:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42915

Actions (login required)

View Item
View Item