Irdayanti, Andi (2024) Strategi pemasaran ayam Kub (Kampung Unggul Balitbangtan) pada UPTD BPHMT IB Provinsi Sulawesi Barat. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of I012221004_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
I012221004_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of I012221004_tesis_21-10-2024 cover1.jpg]](/42911/2.hassmallThumbnailVersion/I012221004_tesis_21-10-2024%20cover1.jpg)

I012221004_tesis_21-10-2024 cover1.jpg
Download (147kB) | Preview
![[thumbnail of I012221004_tesis_21-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
I012221004_tesis_21-10-2024 dp.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of I012221004_tesis_21-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
I012221004_tesis_21-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2026.
Download (703kB)
Abstract (Abstrak)
ANDI IRDAYANTI. I012221004. Strategi Pemasaran Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) pada UPTD BPHMT- IB Provinsi Sulawesi Barat. (Dibimbing oleh: Muh Ridwan dan Kasmiyati Kasim).Latar Belakang. Peternakan ayam KUB sangat prospektif, mengingat kebutuhan akan protein hewani bersumber dari daging unggas. Strategi pemasaran yang tepat akan memastikan daya serap produksi ayam KUB memberi manfaat yang lebih maksimal untuk semua pihak yang bergerak dibidang ini sehingga pengembangan produksi Ayam KUB pada UPTD BPHMT IB dapat menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi prioritas pemasaran ayam KUB hasil seleksi Balitnak pada UPTD BPHMT- IB Provinsi Sulawesi Barat. Metode. Analisis data yang digunakan diantaranya analisis SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi prioritas dalam pemasaran ayam KUB pada UPTD BPHMT IB Provinsi Sulawesi Barat berturut turut yaitu menjaga dan meningkatkan kepuasan konsumen melalui konsistensi kualitas, dan diversifikasi produk dengan melakukan diversifikasi produk olahan ayam KUB; prioritas strategi kedua mempertahankan dan mengembangkan kualitas sumber daya yang ada untuk meningkatkan kualitas produksi dan kualitas produk dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan dan study tiru; prioritas strategi ketiga yaitu mencari alternative pakan komersil dengan pembuatan pakan mandiri dengan memanfaatkan SDM; strategi prioritas terakhir yaitu sinergi antar pihak UPTD dengan peternak lokal ayam KUB yaitu pembentukan kelompok binaan. Kesimpulan. Menjaga kepuasan konsumen dan diversifikasi produk memberikan keunggulan kompetitif yang lebih besar dibandingkan dengan banyak strategi lain yang mungkin lebih fokus pada hasil jangka pendek atau segmentasi pasar yang lebih sempit. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperluas pasar, yang pada gilirannya dapat memperkuat posisi ayam KUB sehingga lebih dikenali oleh masyarakat luas dan memberikan dampak positif pada industri ayam KUB secara keseluruhan. Kata kunci : strategi pemasaran, ayam kub, analytical hierarchy process, SWOT.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:01 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42911 |