Aziizah Ode, Mussyarifatul (2025) Strategi Komunikasi Publik Unit Transfusi Darah PMI Kota Makassar dalam Menggalang Minat Pendonor Generasi Z. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of E021201021_skripsi_05-08-2024 bab I-II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201021_skripsi_05-08-2024 bab I-II.pdf
Download (456kB)
![[thumbnail of E021201021_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg]](/42904/2.hassmallThumbnailVersion/E021201021_skripsi_05-08-2024%20cover1.jpg)

E021201021_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg
Download (216kB) | Preview
![[thumbnail of E021201021_skripsi_05-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201021_skripsi_05-08-2024 dp.pdf
Download (400kB)
![[thumbnail of E021201021_skripsi_05-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201021_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
MUSSYARIFATUL AZIIZAH ODE. Strategi Komunikasi Publik Unit Transfusi Darah PMI Kota Makassar dalam Menggalang Minat Pendonor Generasi Z. (Dibimbing Oleh Kahar dan Nurul Ichsani)
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi publik UTD PMI Kota Makassar dalam menggalang minat pendonor Generasi Z (2) untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi publik yang telah dilakukan UTD PMI Kota Makassar dalam meningkatkan kesadaran Generasi Z berpartisipasi dalam donor darah.
Penelitian ini dilakukan di Unit Transfusi Darah PMI Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi partisipan dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UTD PMI Kota Makassar telah melakukan berbagai macam strategi, diantaranya yaitu memanfaatkan berbagai platform media sosial, pendekatan personal dan kelompok, serta edukasi dan sosialisasi untuk menarik minat pendonor Generasi Z. Selain itu, isi pesan yang dirancang juga merupakan salah satu hal penting agar dapat menjadi daya tarik bagi khalayak, karena pesan dengan informasi yang akurat, Generasi Z dapat mengetahui manfaat dari Donor Darah. Strategi yang telah dilakukan oleh UTD
PMI Kota Makassar terbukti berhasil dalam meningkatkan partisipasi Generasi Zdalam kegiatan donor darah, hal ini terbukti dengan jadwal permintaan pelaksanaan kegiatan donor darah oleh komunitas-komunitas Generasi Z semakin banyak. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi publik yang efektif dapat menjadi kunci untuk
meningkatkan kesadaran dan partisipasi Generasi Z dalam kegiatan donor darah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42904 |