MOTIVASI GURU DALAM MEMBERIKAN PEMBELAJARAN DI SD INPRES MONCONG-MONCONG KABUPATEN GOWA


Ramadhani, Selfia (2025) MOTIVASI GURU DALAM MEMBERIKAN PEMBELAJARAN DI SD INPRES MONCONG-MONCONG KABUPATEN GOWA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E011201080_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf] Text
E011201080_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of E011201080_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E011201080_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of E011201080_skripsi_23-08-2024 dp.pdf] Text
E011201080_skripsi_23-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011201080_skripsi_23-08-2024.pdf] Text
E011201080_skripsi_23-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki guru yang semangat mengajar yang sudah sekitar 17 tahun sebagai tenaga hononer dan sebaliknya ada guru yang tidak termotivasi lebih kreatif atau berinovasi dalam memberikan pembelajaran. Studi ini bertujuan memahami faktor motivator dan faktor hygiene apa yang paling mempengaruhi motivasi guru dalam memberikan pembelajaran di SD Inpres Moncong-moncong. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengetahui dan memahami motivasi guru dalam memberikan pembelajaran. Analisis ini melihat faktor-faktor motivasi guru. Temuan studi menunjukkan bahwa faktor motivator yang paling mempengaruhi motivasi dalam memberikan pembelajaran adalah pekerjaan itu sendiri sebagai guru. Sedangkan dari faktor hygiene atau pemeliharaan yang paling mempengaruhi motivasi guru adalah pengawasan, hubungan dengan rekan kerja, dan keamanan. Dengan demikian, hasil penelitian yang dilakukan ini mendukung Teori Herzberg bahwa guru yang bekerja disana bukan gaji yang pertama dilihat karena kurang mempengaruhi motivasi dia, tetapi yang lebih mempengaruhi itu adalah pekerjaan itu sendiri, maka hasil penelitian ini gaji sebagai faktor pemeliharaan atau faktor hygiene sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Herzberg. Hasil penelitian ini memiliki pengaruh bagi pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kebijakan dalam melakukan pengembangan dibidang Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:55
Last Modified: 05 Mar 2025 01:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42886

Actions (login required)

View Item
View Item