Nurfadillah, Nurfadillah (2025) Efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 15 Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of E011201079_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201079_skripsi_23-08-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E011201079_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg]](/42881/2.hassmallThumbnailVersion/E011201079_skripsi_23-08-2024%20cover1.jpg)

E011201079_skripsi_23-08-2024 cover1.jpg
Download (225kB) | Preview
![[thumbnail of E011201079_skripsi_23-08-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201079_skripsi_23-08-2024 dp.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of E011201079_skripsi_23-08-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201079_skripsi_23-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas program Menurut Sutrisno (2010) yang terdiri atas lima indikator yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 8orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas Program Indonesia Pintar (PIP) di SMA Negeri 15 Makassar telah berjalan efektif, namun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Hal ini didasarkan pada indikator pemahaman program dimana peserta didik dan orang tua peserta didik belum memahami maksud dan tujuan Program. Kedua, pada indikator tepat sasaran telah sesuai dengan persyaratan, namun masih terdapat batasan penerima bantuan dana PIP. Ketiga, pada indikator tepat waktu telah dipadatkan menjadi 1 kali pencairan sehingga lebih efisien. Keempat, pada indikator tercapainya tujuan telah menjamin biaya pendidikan sesuai kebutuhan peserta didik, namun SMA Negeri 15 Makassar sebagai penyelenggara program perlu melakukan pengawasan penggunaan dana PIP oleh peserta didik penerima PIP. Sedangkan, pada indikator kelima yaitu perubahan nyata PIP memberikan dampak positif bagi peserta didik yang menerima bantuan dana PIP dalam menyelesaikan pendidikannya, namun tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik penerima PIP dalam menempuh pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:49 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42881 |