Kualitas Website Dari Perspektif Pengguna Di Desa Baruga Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur = Website Quality from the User Perspective in Baruga Village, Malili District, East Luwu Regency


Agus, Agus (2024) Kualitas Website Dari Perspektif Pengguna Di Desa Baruga Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur = Website Quality from the User Perspective in Baruga Village, Malili District, East Luwu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011201051_skripsi_28-08-2024 cover1.jpg

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201051_skripsi_28-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201051_skripsi_28-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201051_skripsi_28-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Kualitas Website Dari Perspektif Pengguna Di Desa Baruga Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. E-Government merupakan konsep pemerintahan berbasis digital yang mengembangkan penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan,memudahkan interaksi dengan masyarakat dan mendorong terselenggaranya pelayanan publik yang prima. Untuk mewujudkan hal tersebut dibuatkan website yang akan menjadi wadah bagi pemerintah terhadap masyarakat selaku pengguna website. Dalam penelitian ini pengukuran kualitas website menggunakan metode WebQual 4.0 / e-Qual 4.0 (Barnes & Vidgen 2006) dengan empat indikator yaitu Kualitas kegunaan (Usability Quality), Kualitas informasi (Information Quality), Kualitas interaksi layanan (Service Interaction Quality) dan Keseluruhan (Overall) yang melihat dari perspektif pengguna atau masyarakat dan juga pemerintah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dengan didukung oleh data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan seperti observasi, telaah dokumen dan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website dari perspekttif pengguna di Desa Baruga dari indikator Kualitas kegunaan sudah masuk kategori baik, selain itu dari kualitas informasi pada website memenuhi kategori cukup baik, sementara kualitas interaksi layanan masih kurang dikarenakan belum adanya tempat komunikasi atau interkasi langsung pada website, dan secara keseluruhan masyarakat melihat kualitas website desa baruga masuk kedalam kategori cukup baik.Sehingga berdasarkan hasil tersebut dikatakan bahwa kualitas website dari perspektif pengguna di Desa Baruga Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur sudah cukup dan masih perlu pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: WebQual/e-Qual 4.0, Website, E-Goverment, Desa Baruga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:32
Last Modified: 07 May 2025 06:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42866

Actions (login required)

View Item
View Item