Peran e-commerce Shopee dalam peningkatan diplomasi budaya Indonesia di Eropa Barat ( Studi Kasus : Shopee Java in Paris )


Aziziah Roem La Tunrung, Ramizah (2025) Peran e-commerce Shopee dalam peningkatan diplomasi budaya Indonesia di Eropa Barat ( Studi Kasus : Shopee Java in Paris ). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E061191015_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
E061191015_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E061191015_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E061191015_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of E061191015_skripsi_10-09-2024 dp.pdf] Text
E061191015_skripsi_10-09-2024 dp.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of E061191015_skripsi_10-09-2024.pdf] Text
E061191015_skripsi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ramizah Aziziah Roem La Tunrung, (E061191015), “Peran E- Commerce Shopee dalam Peningkatan Diplomasi Budaya Indonesia di Eropa Barat (Studi Kasus: Shopee Java in Paris)” dibawah bimbingan Prof. H. Darwis, MA. Ph.D, selaku pembimbing I dan Aswin Baharuddin, S.IP, MA selaku pembimbing II, Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi e-commerce Shopee dalam mendukung peningkatan diplomasi budaya Indonesia di Perancis melalui program Shopee Java in Paris, dan dampak program Shopee Java in Paris sebagai praktik diplomasi budaya Indonesia di Perancis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa library research yang bersumber dari website, berita, situs internet resmi, buku, jurnal, artikel, serta laporan yang berkaitan dengan diplomasi budaya di Perancis dan Shopee.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Shopee menerapkan strategi alternatif berupa kegiatan ekspor dengan melakukan ekspor secara langsung produk UMKM lokal Indonesia kepada masyarakat Paris, dengan bekerjasama dengan pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar RI di Paris, dan Le BHV Marais Paris melalui program Java in Paris yang berbentuk pameran budaya seperti penampilan budaya dari 47 pekerja seni Solo, penampilan puncak dari penyanyi asal Indonesia, menggelar beberapa workshop, pertunjukan tarian tradisional dan produk lokal UMKM, serta dengan mengundang partisipasi publik serta menargetkan masyarakat Paris secara besar-besaran dalam acara tersebut. Adapun dampak program Shopee Java in Paris sebagai praktik diplomasi budaya Indonesia di Perancis, disimpulkan bahwa masyarakat Paris merespon program Shopee Java in Paris dengan antusias sehingga mendapatkan pengalaman langsung tentang produk Indonesia, meningkatnya jumlah penjualan dan populernya produk fashion Indonesia, produk UMKM lokal Indonesia yang berhasil memasuki pasar internasional khususnya di pasar Perancis, serta suksesnya program Shopee dalam menyita perhatian media lokal di Perancis sehingga mengundang decak kagum banyak orang serta mendapatkan pemberitaan yang baik di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:27
Last Modified: 05 Mar 2025 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42859

Actions (login required)

View Item
View Item