Thongngadi, Jerry (2024) Analisis Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Sektor Pendidikan Terhadap Hak Anak Berdasarkan United Nations Convention On The Rights Of The Child. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of B011201166_skripsi_21-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011201166_skripsi_21-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of B011201166_skripsi_21-10-2024 cover1.jpg]](/42830/2.hassmallThumbnailVersion/B011201166_skripsi_21-10-2024%20cover1.jpg)

B011201166_skripsi_21-10-2024 cover1.jpg
Download (362kB) | Preview
![[thumbnail of B011201166_skripsi_21-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011201166_skripsi_21-10-2024 dp.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of B011201166_skripsi_21-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011201166_skripsi_21-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 October 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
JERRY THONGNGADI (B011201166). Analisis Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Sektor Pendidikan Terhadap Hak Anak Berdasarkan United Nations Convention On The Rights Of The Child. Dibimbing oleh Judhariksawan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hak anak dalam pendidikan berdasarkan United Nations Convention on the Rights of the Child dan pengaruh Artificial Intelligence dan tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak pendidikan anak berdasarkan United Nations Convention on the Rights of the Child (UNCRC).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan konseptual dan pendekatan analitis. Penelitian hukum yuridis normatif yang diterapkan dalam penelitian ini mencerminkan pendekatan yang bersandar pada bahan hukum utama.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dalam pendidikan berdasarkan United Nations Convention on the Rights of the Child tercantum dalam Pasal 29 UNCRC mengenai tujuan pendidikan. Pasal 29 UNCRC sangat mengutamakan pengembangan kepribadian, bakat, fisik, dan mental anak hingga mencapai potensi anak sepenuhnya. (2) Pengaruh Artificial Intelligence dalam pemenuhan hak pendidikan anak berdasarkan United Nations Convention on the Rights of the Child berdampak negatif bagi anak karena anak mengerjakan tugas secara tidak jujur, tidak berpikir kritis, dan tidak berpikir konseptual dalam mengerjakan tugas yang mengakibatkan pelanggaran Pasal 17 dan Pasal 29 UNCRC sehingga merupakan tanggung jawab negara untuk membuat media seharusnya dipakai untuk meningkatkan diri anak yang sesuai dengan semangat Pasal 29 UNCRC serta membuat kurikulum mengenai literasi media dan etika dalam menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:01 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42830 |