PENGARUH KUALITAS DOKTER GIGI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH GIGI DAN MULUT PROVINSI SULAWESI SELATAN


Kalsum Utami, Ummu (2024) PENGARUH KUALITAS DOKTER GIGI DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH GIGI DAN MULUT PROVINSI SULAWESI SELATAN. Thesis thesis, unhas.

[thumbnail of J012222003_tesis_12-12-2024 bab1-2.pdf] Text
J012222003_tesis_12-12-2024 bab1-2.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of J012222003_tesis_12-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
J012222003_tesis_12-12-2024 cover1.jpg

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of J012222003_tesis_12-12-2024 dp.pdf] Text
J012222003_tesis_12-12-2024 dp.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of J012222003_tesis_12-12-2024.pdf] Text
J012222003_tesis_12-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Loyalitas pasien merupakan hasil langsung dari tingkat kepuasan pasien. Salah satu factor yang mempengaruhi loyalitas pasien adalah kualitas layanan dan brand image. kualitas pelayanan menenkankan pentingnya hubungan pesonal antara dokter gigi dan pasien. kualitas layanan yang baik tentunya akan meningkatkan kepuasan sehingga pasien merasa nyaman berobat dan keluhannya dapat teratasi maka berdampak pada brand image rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas dokter gigi dan brand image yang mempengaruhi loyalitas menurut persepsi pasien di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut Provinsi Sulawesi selatan. Metode: Penelitian ini metode survey dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah pasien yang berobat di RSKDGM pada tanggal 24 Juni- 6 Juli dan sampel pada penelitian ini sebanyak 218 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner yang terdiri dari kuesioner kualitas dokter gigi, brand image, dan loyalitas. Data yang terkumpul dari kuesioner di analisis dengan uji chi square dan regresi logistik binary menggunakan aplikasi SPSS. Hasil: hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas dokter gigi terhadap loyalitas pasien (p=<0,001), dimensi kualitas dokter gigi yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi reliability (p=0,025), dimensi emphaty (p=<0,001), dan dimensi responsiviness (p=0,006). Dan terdapat pengaruh brand image terhadap loyalitas pasien (p=<0,001), dimensi brand image yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah dimensi physical enviroment (p=<0,001) dimensi contact personal (p=0,023), dan dimensi corporate individuality (p=<0,001). Kesimpulan: terdapat pengaruh kualitas dokter gigi dan brand image terhadap loyalitas pasien. Dimensi kualitas dokter gigi yang paling berpengaruh adalah emphaty. Dan untuk dimensi brand image yang paling berpengaruh adalah dimensi corporate individuality.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:56
Last Modified: 25 Feb 2025 01:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42294

Actions (login required)

View Item
View Item