PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PELAJAR KOREA DI SMP JIKS = PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PELAJAR KOREA DI SMP JIKS


SUN, KWON YOUNG (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PELAJAR KOREA DI SMP JIKS = PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA BAGI PELAJAR KOREA DI SMP JIKS. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F013212004_disertasi_25-11-2024 COVER1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013212004_disertasi_25-11-2024 BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013212004_disertasi_25-11-2024 DP(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013212004_disertasi_25-11-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan model pembelajaran ZPD untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia bagi pelajar Korea JIKS Jakarta, (2) mengefektifkan model pembelajaran ZPD dengan teknik Show and Tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia bagi pelajar Korea JIKS Jakarta, dan (3) menunjukkan pengaruh bahasa ibu terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia bagi pelajar Korea JIKS Jakarta. Data penelitian diperoleh melalui teknik kuesioner dan wawancara. Hasil kuesioner dan wawancara disajikan dalam bentuk tabel untuk melihat kecenderungan dari jawaban-jawaban responden. Penelitian ini menggunakan teori Zone of Proximal Development (ZPD) yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky. Teori ini memandang bahwa untuk meningkatkan penyerapan pembelajaran (dengan prinsip belajar bersama), pelajar harus dibekali dengan model skemata tentang apa yang dipelajari melalui bantuan gambar/foto terhadap objek yang dipelajari. Metode yang digunakan adalah show dan tell. Langkah kerja penelitian ini diawali dengan pemantauan awal, pembuatan desain penelitian (identifikasi masalah, tujuan penelitian dan mengidentifikasi teori yang relevan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil capaian pembelajaran melalui hasil uji perlakuan dan kontrol dari hasil rata-rata 5,16 menjadi 7,06, terjadi kenaikan sekitar 37%. Implikasi penelitian ini akan memberi umpan balik bagi guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas pelajar Korea, khususnya anak-anak ekspatriat dari Korea yang belajar bahasa Indonesia.

Keyword : Korean, keterampilan berbicara, JIKS, skemata, Indonesia, gambar, teori ZPD

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Korean, speaking skills, JIKS, schemata Indonesian, pictures, ZPD theory.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:58
Last Modified: 21 Feb 2025 08:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42258

Actions (login required)

View Item
View Item