ANALISIS SEMIOTIKA PADA POSTINGAN TIKTOK @DR.ZIEE SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERAWATAN KULIT WAJAH = SEMIOTIC ANALYSIS OF TIKTOK POST @DR.ZIEE AS A MEDIA FOR FACIAL SKINCARE EDUCATION


YULIANDA, NINDY (2024) ANALISIS SEMIOTIKA PADA POSTINGAN TIKTOK @DR.ZIEE SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERAWATAN KULIT WAJAH = SEMIOTIC ANALYSIS OF TIKTOK POST @DR.ZIEE AS A MEDIA FOR FACIAL SKINCARE EDUCATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022222016_tesis_25-11-2024 COVER1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022222016_tesis_25-11-2024 BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022222016_tesis_25-11-2024 DP(FILEminimizer).pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022222016_tesis_25-11-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NINDY YULIANDA. Analisis Semiotika pada Postingan TikTok @dr.ziee Sebagai MEdia Edukasi Perawatan Kulit Wajah (dibimbing oleh M.Iqbal Sultan dan Muh. Akbar). Penelitian ini bertujuan menganalisis pesan edukasi, makna denotasi, makna konotasi, dan mitos mengenai perawatan kulit wajah pada postingan tiktok @dr.ziee. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Data penelitian ini sebanyak lima postingan tiktok @dr.ziee dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada postingan video tiktok @dr.ziee. Penelitian ini menunjukkan bahwa postingan yang diunggah Dr.Ziee menampilkan elemen visual dan verbal yang jelas dalam menyampaikan pesan edukasi perawatan kulit wajah, misalnya penggunaan produk tertentu, cara penggunaan, dan penghindaran kesalahan umum yang ditampilkan secara eksplisit Dr. Ziee memberikan informasi yang rinci tentang teknik yang benar dan produk yang sesuai, serta menekankan pentingnya mengikuti aturan perawatan kulit wajah Dr. Ziee menggunakan tiktok sebagal platform yang efektif untuk mengedukasi publik terkhusus para pengikutnya di media sosial tiktok mengenai perawatan kulit tercermin dari respons positif audiensnya. Analisis berbagai pesan edukasi yang disampaikan pada postingan @dr.ziee melalui makna denotasi, konotasi, dan mitos di setiap postingan menyajikan informasi yang konkret, seperti kesalahan dalam mencuci muka, teknik eksfoliasi yang benar, dan penjelasan mengenai sebasius filamen serta produk yang tepat untuk mengatasi masalah kulit wajah. Melalui konotasi, dr. Ziee mengajak audiens untuk memahami bahwa perawatan kulit adalah bagian penting dari identitas sosial dan penampilan yang sehat sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri individu. Mitos yang didentifikasi dalam setiap video menyoroti pentingnya pengetahuan dalam memilih produk dan memahami kondisi kulit. Hal ini menunjukkan bahwa perawatan kulit bukan sekadar tren, tetapi merupakan tanggung jawab individu terhadap kesehatan diri mereka.

Keyword : Semiotika, TikTok@dr.ziee, Media Sosial, Pesan Edukasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, TikTok@dr.ziee, Media Sosial, Pesan Edukasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:03
Last Modified: 14 Feb 2025 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42248

Actions (login required)

View Item
View Item