Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Rekomendasi Izin Usaha Ternak Di Dinas Peternakan Kabupaten Pinrang


Azzahra Golman, Nur Azizah (2024) Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Rekomendasi Izin Usaha Ternak Di Dinas Peternakan Kabupaten Pinrang. Skripsi thesis, unhas.

[thumbnail of I011201055_skripsi_16-12-2024 bab1-2.pdf] Text
I011201055_skripsi_16-12-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of I011201055_skripsi_16-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
I011201055_skripsi_16-12-2024 cover1.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of I011201055_skripsi_16-12-2024 dp.pdf] Text
I011201055_skripsi_16-12-2024 dp.pdf

Download (16MB)
[thumbnail of I011201055_skripsi_16-12-2024.pdf] Text
I011201055_skripsi_16-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2026.

Download (18MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Azizah Azzahra Golman. I 011201055. Kualitas Pelayanan Pmebuatan Surat Rekomendasi Izin Usaha Ternak Di Dinas Peternakan Kabupaten Pinrang. Pembimbing Utama: Tanrigiling Rasyid.

Kualitas pelayanan merupakan faktor dan akar penting yang mampu memberikan kepuasan bagi pengguna layanannya. Sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan surat rekomendasi izin usaha ternak di dinas peternakan kabupaten pinrang. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan september 2024 dengan Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 7 orang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Parasuraman berdasarkan reability (Kehandalan), responsiveness (Daya Tanggap), assurance (Jaminan) dan emphaty (Empati). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang di berikan dinas peternakan kepada masyarakat sudah sangat baik Hal tersebut terbukti dari pemaparan informan yang menyatakan bahwa mengenai kecepatan pelayanan serta perhatian yang diberikan dinilai sudah sangat baik dilihat dari pegawai yang selalu berada di tempat kerjanya disaat jam pelayanan, pegawai juga bersikap sopan dan ramah saat menjalankan tugasnya serta memberikan perhatian yang tulus dan sigap dalam memberikan solusi disaat pengguna layanan merasakan kesulitan. Pelayanan yang berkualitas dapat dikatakan apabila dari keempat indikator pelayanan tersebut sudah diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:11
Last Modified: 11 Feb 2025 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42123

Actions (login required)

View Item
View Item