Evaluasi User Experience Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Plus (UEQ+)


Ilman Monoarfa, Jadda (2024) Evaluasi User Experience Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Plus (UEQ+). Skripsi thesis, unhas.

[thumbnail of H071201022_skripsi_16-12-2024 bab1-2.pdf] Text
H071201022_skripsi_16-12-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of H071201022_skripsi_16-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
H071201022_skripsi_16-12-2024 cover1.jpg

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of H071201022_skripsi_16-12-2024 dp.pdf] Text
H071201022_skripsi_16-12-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of H071201022_skripsi_16-12-2024.pdf] Text
H071201022_skripsi_16-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Salah satu yang terjadi adalah perubahan pola kehidupan manusia saat ini yang cenderung bergantung pada teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Di antaranya yang terjadi adalah e-government atau pemerintahan elektronik yang merupakan proses penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 yang mengatur tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan yang harus diselenggarakan berdasarkan asas kemanusiaan, manfaat dan keadilan sosial. Hal ini mendorong BPJS Ketenagakerjaan menggunakan teknologi informasi dengan mengembangkan aplikasi yang bernama JMO (Jamsostek Mobile) untuk memudahkan peserta dalam mengakses informasi dan layanan terkait ketenagakerjaan. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi tingkat kepuasan pengalaman pengguna (user experience) aplikasi JMO. Metode. Penelitian ini menggunakan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) yang merupakan pengembangan dari metode UEQ. Metode. Penelitian ini menggunakan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) yang merupakan pengembangan dari metode UEQ. Hasil. Setelah pengumpulan hingga analisis data dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang munggunakan aplikasi JMO ditemukan bahwa semua aspek berada pada positive evaluation karena mendapatkan nilai > 0,8 aspek efficiency memperoleh nilai yang paling rendah yakni 1,65 dan diikuti oleh aspek dependability dengan nilai 1,79, kemudian aspek clarity memperoleh nilai yang paling tinggi yakni 2,35 diikuti quality of content dengan nilai 2,32. Kemudian, untuk aspek trust, usefulness, value, intuitive use, dan trustworthiness of content mendapatkan positive evaluation dengan nilai di atas 2. Kesimpulan. Meskipun mendapatkan positive evaluation namun mendapatkan nilai yang paling rendah, aspek effiency dan dependability perlu adanya peningkatan agar memperoleh positive evaluation dengan nilai lebih besar dari 2 (baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 10 Feb 2025 05:58
Last Modified: 10 Feb 2025 05:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42106

Actions (login required)

View Item
View Item