STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN PARKIR PADA PERUMDA PARKIR MAKASSAR RAYA


MASDJIDI, ANDI MARLINA (2024) STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN PARKIR PADA PERUMDA PARKIR MAKASSAR RAYA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012231098_tesis_25-09-2024 cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012231098_tesis_25-09-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012231098_tesis_25-09-2024 dp.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012231098_tesis_25-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mendukung dan menghambat penerimaan pendapatan parkir, serta menentukan strategi yang dapat diterapkan Perumda Parkir Makassar Raya untuk meningkatkan pendapatan parkir. Untuk mengimplementasikan tujuan penelitian, dilakukan observasi, interview, dokumentasi dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SWOT, matriks faktor strategi internal dan eksternal, matrikw tows, IE dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mendukung perusahaan adalah dukungan kuat dari pemerintah, ketersediaan juru parkir, ketersediaan aset berupa tepi jalan umum, kesamaan visi manajemen, strategi dan kebijakan program yang inovatif dan tepat sasaran, sedangkan faktor yang menghambat adalah tingkat Pendidikan dan status kepegawaian, kemampuan pelayanan juru parkir yang rendah, pengelolaan penerimaan parkir yang masih manual, keterbatasan dana, sarana dan prasarana, serta kurangnya personal tim verifikasi/tim reaksi cepat. Faktor eksternal yang mendukung adalah visi menjadikaan Makassar menjadi kota dunia, perkembangan teknologi (pembayaran digital), pertumbuhan jumlah kendaraan, jumlah usaha dan jumlah penduduk di kota Makassar, sedangkan faktor eksternal yang menghambat adalah perilaku masyarakat yang tidak meminta karcis parkir, keberadaan parkir liar, penggunaan transportasi online, tuntutan peningkatan PAD dan tidak seimbangnya pertumbuhan jumlah kendaraan dengan ketersediaan ruang parkir. Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu strategi pertumbuhan dengan menerapkan metode pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, pendapatan parkir, metode QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 04 Feb 2025 05:59
Last Modified: 04 Feb 2025 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item
View Item