PENGGUNAAN KOMUNIKASI ONLINE DALAM SISTEM PELAPORAN TRANSAKSI KEUANGAN ANTAR CABANG PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) WILAYAH 07 MAKASSAR (Suatu Studi Komunikasi Organisasi)


SUDIRMAN, SUDIRMAN (2005) PENGGUNAAN KOMUNIKASI ONLINE DALAM SISTEM PELAPORAN TRANSAKSI KEUANGAN ANTAR CABANG PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) WILAYAH 07 MAKASSAR (Suatu Studi Komunikasi Organisasi). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
sudirman cover1.jpg

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
sudirman 1-2.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
sudirman dapus-lam.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
sudirman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sudirman. Penggunaan Komunikasi Online Dalam Sistem Pelaporan Transaksi Keuangan Antar Cabang Pada BNI Wilayah 07 Makassar. (Suatu Studi Komunikasi Organisasi). (Dibimbing oleh Rhiza S. Sadjad, MSEE. Dr. dan A.R. Bulaeng, Drs. MA.)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan sistem komunikasi online dalam pelaporan transaksi keuangan pada BNI Wilayah 07 Makassar dan hambatan-hambatan penggunaan sistem komunikasi online dalam pelaporan transaksi keuangan pada BNI Wilayah 07 Makassar.
Tipe ini adalah penelitian survey bersifat deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pihak manajemen dan staf BNI Wilayah 07 Makassar dengan jumlah secara keseluruhan 48 orang. Selanjutnya dari informan tersebut, ditentukan 4 orang sebagai informan kunci. Instrument pengumpulan data yaitu observasi wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem komunikasi online yang digunakan dalam pelaporan transaksi keuangan pada BNI Wilayah 07 Makassar meliputi pengumpulan data, memanipulasi data, penyimpanan laporan, dan penyediaan laporan dimana laporan operasional dihasilkan melalui suatu proses batch EOD/EOM maupun respiratory database sehingga data diperoleh di cabang D + 1, untuk laporan keuangan ketersediaannya di cabang paling cepat D + 1 dan untuk laporan transaksi
teller dilakukan 2 kali dalam sehari. Hambatan terjadi di dua situasi, yakni hambatan dalam implementasinya, karena kurangnya perhatian dan dukungan seluruh personal yang ada. Hambatan karena akibat pilihan teknologi yang kurang tepat atau sudah ketinggalan zaman dan implementasi yang kurang strategis. Kegagalan antara lain, misalnya : pada waktu melakukan transaksi muncul pesan (massage) ‘stop-objek reference not set to an instance of an object, maka transaksi yang dilakukan sukses
tapi tidak ada validasi atau print passbook.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:29
Last Modified: 22 Apr 2021 02:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item
View Item