Pelestarian Aksara Lontara Melalui Inovasi Lontara Pop-Up Stroy Book Berbasis Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Siswa SDN 191 Inpres Paku = Preservation Of Lontara Script Through Lontara Pop-Up Story Book Innovation Based On QR Code As A Learning Medium For SDN 191 Inpres Paku Student


FIRMANSYAH, FIRMANSYAH (2024) Pelestarian Aksara Lontara Melalui Inovasi Lontara Pop-Up Stroy Book Berbasis Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Siswa SDN 191 Inpres Paku = Preservation Of Lontara Script Through Lontara Pop-Up Story Book Innovation Based On QR Code As A Learning Medium For SDN 191 Inpres Paku Student. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021191056_skripsi_25-09-2024 cover1.png

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021191056_skripsi_25-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021191056_skripsi_25-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (757kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021191056_skripsi_25-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Aksara Lontara merupakan aksara yang juga dikenal sebagai aksara Bugis, aksara Bugis-Makassar atau aksara Lontara baru yang merupakan salah satu aksara tradisional Indonesia yang berkembang dan menjadi salah satu ciri khas dari Sulawesi Selatan. Meskipun pemerintah telah mendukung program pelestarian aksara Lontara melalui Pasal 14 ayat 3 PP No 28 Tahun 1990 kurikulum pendidikan dasar program pengajaran salah satunya meliputi muatan lokal dimana bahasa daerah merupakan salah satu muatan lokal yang wajib, Namun nyatanya hal tersebut tidak memberi dampak besar bagi siswa SDN 191 Inpres Paku yang merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Takalar. Untuk itu Tim Pengabdi melalui program kreativitas mahasiswa mengusung sebuah ide solutif dengan memperkenalkan media pembelajaran Aksara Lontara yaitu Pop-Up Story Book Aksara Lontara berbasis Qr Code di SDN 191 Inpres Paku dengan metode penyuluhan dan pendampingan. Dengan hadirnya media pembelajaran ini, diharapkan Aksara Lontara mampu terus terjaga eksistensi dan kelestariannya.

Keyword : Aksara Lontara, CR Code, Pop-Up Story Book, SDN 191 Inpres Paku, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CR Code, Lontara script, Pop-Up Story Book, SDN 191 Inpres Paku, Students
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 30 Jan 2025 05:28
Last Modified: 30 Jan 2025 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41719

Actions (login required)

View Item
View Item