Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Strategy Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kinerja Penjualan Mobil Toyota PT. Hadji Kalla, Tbk Cabang Maros


Audiastuti, Andi Nurul (2021) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Strategy Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kinerja Penjualan Mobil Toyota PT. Hadji Kalla, Tbk Cabang Maros. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012191005_tesis cover1.png

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
A012191005_tesis 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A012191005_tesis dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012191005_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR) dan Startegy Marketing terhadap loyalitas pelanggan dan
kinerja Penjualan. Pemilihan model tersebut disesuaikan dengan research
problem, yaitu terjadinya deviasi antara target dengan realisasi penjualan.
Diasumsikan deviasi yang terjadi karena ekspose kegiatan CSR dan strategi
pemasaran yang dijalankan tidak seperti yang diharapkan sehingga penjualan
sangat fluktuatif.. Model penelitian diuji dan dilaksanakan pada PT. Hadji Kalla,
Tbk Cabang Maros, sebagai salah satu perusahaan distributor otomotif terbesar
di kawasan Timur Indonesia yang memasarkan produk kendaraan merk Toyota.
Pelanggan PT. Hadji Kalla relatif banyak, tersebar di wilayah Maros dan
sekitarnya, sehingga perlu adanya teknik sampling untuk menghasilkan sampel
yang representatif, yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan
untuk menguji hubungan antar variabel adalah path analysis dengan bantuan
software AMOS (Analysis of Moment Strictures) versi 20.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara aktifitas Corporate Social Responsibility (CSR) dan strategy marketing
terhadap loyalitas pelanggan dan kinerja penjualan. serta hubungan yang positif
dan signifikan antara loyalitas pelanggan terhadap kinerja penjualan. Temuan
empiris tersebut mengindikasikan bahwa manajemen perlu mengoptimalkan
kegiatan CSR sebagai salah satu alternatif strategi penjualan selain strategi
marketing dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan pelanggan.
Hubungan baik dan harmonis akan meningkatkan kinerja penjualan melalui
loyalitas pelanggan. Implikasi teoritis serta saran-saran bagi penelitian
mendatang juga diuraikan pada bagian terakhir penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Strategy Marketing, loyalitas pelanggan, kinerja penjualan dan path analysis.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:23
Last Modified: 30 Apr 2021 03:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item
View Item