Arifin, Selviani (2024) GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BIONE = GOOD GOVERNANCE IN PUBLIC SERVICES AT THE BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E051201017_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg
Download (254kB) | Preview
E051201017_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
E051201017_skripsi_10-09-2024 dp.pdf
Download (2MB)
E051201017_skripsi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Selviani Arifin, Nomor Induk Mahasiswa E051201017, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun skripsi dengan judul: Good Governance dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone ’’dibawah bimbingan Prof. Dr. HJ. Rabina Yunus, M.Si. dan Dr. HJ. Suhardiman Syamsu, S. sos, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi prinsip efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan public di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone.Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian di kumpulkan sehinggah menjadi catatan lapangan. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone, Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone, Petugas pemberi pelayanan 5 Orang, dan Masyarakat yang sedang mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil sebanyak 6 orang. Teknik keabsahan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu Teknik trianggulasi sumber data yang didapat. Adapun Teknik analisis data yang di gunakan yaitu model interaktif.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas dan efisiensi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone dilihat dari Standar Prosedur Pelayanan, biaya pelayanan, waktu pelayanan, sarana prasarana, produk pelayanan, kompetensi petugas pemberi pelayanan. Adapun faktor pendukung iyalah faktor Sumber Daya Manusia, Kesadaran aparatur, organisasi dalam pelayanan public, aturan dalam pelaksanaan pelayanan public, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor yang menghambat iyala: kemampuan, sarana penunjang, kesadaran Masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan public dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Bone dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik akan tetapi belum efektif dan efesien.
Kata KUnci : Efektivitas dan Efisiensi, pelayanan public, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness and Efficiency, public services, Population and Civil Registration Service of Bone Regency |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:01 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41091 |