STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA (Suatu Studi Komunikasi Pemasaran Sosial)

RIDWAN, HARNINA (2005) STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA (Suatu Studi Komunikasi Pemasaran Sosial). Thesis-S2 thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
harninarid cover1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
harninarid 1-2.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
harninarid dapus.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
harninarid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract (Abstrak)

HARNINA RIDWAN, STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PROVINSISULAWESI TENGGARA (Suatu Studi Komunikasi Pemasaran Sosial). Dibawah bimbingan Prof. DR. Hafied Cangar, M.Sc dan Dra. Jeanny Maria Fatimah, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : pelaksanaan program pembangunan pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya di Provinsi Sulawesi Tenggara, penerapan pemasaran sosial pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya di Provinsi Sulawesi Tenggara dalam upaya peningkatan kunjungan wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara, Bagaimana Bentuk Media yang digunakan dalam pemasaran sosial pada Dinas Pariwisata dan Seni Budya Provinsi Sulawesi Tenggara dalam usaha meningkatkan kunjungan
wisatawan di Provinsi Sulawesi Tenggara.
Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif (descriptive studies), meneliti informan kunci dengan menggunakan wawancara sebagai instrument utama.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan program pembangunan pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya di Provinsi Sulawesi Tenggara terbagi atas 5 wilayah Pengembangan Pariwisata (WPP). Yaitu Daerah Kota Kendari dengan mengembangkan 10 buah objek wisata. Kedua adalah Daerah Kabupaten Kendari dengan membangunan 7 obyek wisata Ketiga adalah Daerah Kabupaten Kolaka dengan mengembangkan enam
buah objek wisata. Keempat adalah Daerah Kabupaten Buton dengan mengembangkan wisata budaya yaitu Benteng Keraton Wlio dan Kelima adalah Daerah Kabupaten Muna dengan mengembangkan objek wisata sebanyak 4 buah. (2) Penerapan fungsi Pemasaran Sosial dalam upaya peningkatan kunjungan wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara secara garis besar terdiri dari Desain Produk yaitu mengembangkan produk pemasaran pariwisata dengan menetapkan skala prorioritas dengan dasar menajaman misi yang akan dicapai. Kedua adalah Implementasi produk, dimana Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Provinsi Sulawesi Tenggara mengembangkan wisata alam dan wisata budaya. Ketiga adalah komunikasi produk dilakukan percetakan booklet wisata dan mengirim ke berbagai lembaga hotel dan perorangan serta biro perjalanan di dalam dan luar negeri, dan (3) Media Pemasaran Sosial pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya di Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menginformasikan produk wisata kepada wisatawan adalah pertama media Audio yang digunakan adalah radio, Media kedua yang digunakan media pandang (visual media) yang terdiri dari media seperti leaflet, folder, brosur. Sedangkan memdia gambar yang digunakan adalah penerbitan kaset/VCD

Item Type: Thesis (Thesis-S2)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:23
Last Modified: 30 Apr 2021 02:23
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item
View Item