Saputra, Andika (2024) IDENTIFIKASI RISIKO BAHAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA AREA SISTEM DOCKING DI GALANGAN KAPAL DENGAN METODE JSA (Job Safety Analysis) MELALUI PENDEKATAN HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control) = Safety and Health Hazard Risk Identification in Docking System Area at Shipyard Using Job Safety Analysis (JSA) Method Through HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control) Approach. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D091191001_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (297kB) | Preview
D091191001_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (730kB)
D091191001_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
D091191001_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 December 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Identifikasi risiko bahaya merupakan bagian dari sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) untuk mengetahui bahaya yang ada pada setiap tahapan pekerjaan yang dilakukan dan memberikan pengendalian yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Area kerja sistem doking di galangan kapal sebagai area yang memiliki jenis pekerjaan pada kegiatan pengedokan yaitu docking dan undocking. Oleh karena pengedokan memiliki jenis tahapan pekerjaan, maka penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisa risiko bahaya apa saja dalam tahapan pekerjaan pengedokan dengan menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis) di graving dock, slipway dock, dan airbag dock dan pengendalian risiko melalui analisa pendekatan HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan metode concurrent mix method yang sumber analisanya berdasarkan ISO 45001 : 2018. Penelitian ini dilakukan di perusahaan galangan kapal PT. Industri kapal Indonesia (IKI) dengan informan berasal dari pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung pada tahapan pekerjaan docking dan undocking yaitu kepala proyek, pengawas K3, dan pekerja-pekerja di dok. Hasil penelitian dari analisa identifikasi risiko diperoleh variabel risiko dengan kategori bahaya yang tinggi diantaranya item B.1.a di slipway dock, item B.4.b di slipway dock, dan item C.5.c di airbag dock dengan masing-masing presentase probabilitas sebesar 45,81%, 30,32%, dan 24,52%. Dan masing-masing presentase konsekuensi sebesar 56,13%, 30,32%, dan 41,94%. Setelah dilakukan pengendalian risiko dengan pendekatan HIRADC, hasil yang diperoleh bahwa terjadi penurunan tingkat risiko menjadi kategori risiko rendah pada tahapan-tahapan pekerjaan pengedokan di area sistem docking galangan kapal PT. IKI Makassar, dan tidak adanya lagi kategori risiko ekstrim, kategori risiko tinggi, maupun kategori risiko sedang.
Kata kunci : Identifikasi Risiko, Pengedokan, JSA, HIRADC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Risk Identification, Docking, JSA, HIRADC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:17 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41077 |