Studi Tahanan Kapal Katamaran Haluan Inverted Bow Pada Berbagai Kondisi Trim Menggunakan Maxsurf = Resistant Study of Inverted Bow Catamaran Ship at Various Trim Conditions Using Maxsurf


Satria, Andi Muhammad Tegar (2024) Studi Tahanan Kapal Katamaran Haluan Inverted Bow Pada Berbagai Kondisi Trim Menggunakan Maxsurf = Resistant Study of Inverted Bow Catamaran Ship at Various Trim Conditions Using Maxsurf. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031201052_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031201052_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031201052_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (542kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031201052_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Muhammad Tegar Satria. Studi Tahanan Kapal Katamaran Haluan Inverted Bow Pada Berbagai Kondisi Trim Menggunakan Maxsurf (dibimbing oleh Rosmani).
Katamaran merupakan kapal yang Mempunyai dua lambung (demihull) yang mana lambung satu dengan lambung lainnya dihubungkan dengan struktur bridging. Tahanan kapal merupakan ilmu yang mempelajari reaksi fluida akibat gerakan kapal yang melalui fluida tersebut. Pada pengoperasianya kapal jarang berada pada kondisi even keel tapi berada pada kondisi trim, baik trim by stern ataupun trim by bow. Perubahan nilai tahanan sebuah kapal dipengaruhi oleh luas permukaan kapal yang terendam ke dalam air. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui performa hambatan kapal dengan bentuk Haluan inverted bow dengan berbagai kondisi trim kapal. Pada penelitian ini, digunakan 4 variasi kemiringan antara lain kondisi evel keel, trim 0,821 derajat , trim 0,946 derajat, trim 1,91 derajat , dan trim 2,088 derajat, kemudian digunakan 5 kecepatan kapal yaitu 10 knot; 11 knot; 12 knot; 13 knot; dan 14 knot. Perhitungan tahanan dari setiap kondisi trim tersebut dilakukan dengan menggunakan software maxsurf. Besar perubahan tahanan yang terbesar setelah dilakukan pengujian terhadap 4 kondisi trim yaitu pada trim 2,088° dengan selisih nilai tahanan 8,9 kN atau sebesar 29,28%. Perubahan nilai tahanan sebuah kapal dipengaruhi oleh luas bidang basah kapal. Hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi derajat trim makan nilai dari tahanan kapal akan berkurang disebabkan oleh panjang garis air yang berkurang walaupun di kecepatan yang sama.

Kata Kunci : Katamaran; Trim; Inverted Bow; Tahanan; Maxsurf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Catamaran; Trim; Inverted Bow; Resistance; Maxsurf.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:07
Last Modified: 08 Jan 2025 06:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41017

Actions (login required)

View Item
View Item