ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PELABUHAN AWERANGE KAB.BARRU = ANALYSIS OF PASSENGER PERCEPTIONS OF SERVICE QUALITY AT AWERANGE PORT, BARRU DISTRICT


Melani, Ria (2024) ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PELABUHAN AWERANGE KAB.BARRU = ANALYSIS OF PASSENGER PERCEPTIONS OF SERVICE QUALITY AT AWERANGE PORT, BARRU DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031201041_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031201041_skripsi_09-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031201041_skripsi_09-09-2024 dp.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031201041_skripsi_09-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan Awerange di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Merupakan salah satu pelabuhan yang melayani lintasan Awerange – Bontang dan berfungsi sebagai penyebrangan perintis. Pelabuhan ini berperan penting dalam mendukung dan memperlancar mobilitas masyarakat dalam melakukan aktivitas antar pulau dan daerah sekitar, Mendukung sosial ekonomi masyarakat. Penyelengggaraan suatu pelabuhan perlu dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pelabuhan sehingga pengguna jasa merasa aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja Pelabuhan Awerange dan mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanannya. Metode analisis mencakup evaluasi fasilitas pelayanan jasa dermaga, luas kolam pelabuhan dan tingkat kinerja dermaga di Pelabuhan menggunakan Peraturan Menteri Nomor PM 37 tahun 2015 dan Nomor 52 tahun 2004 dengan rumus empiris, Serta penilaian persepsi pengguna jasa menggunakan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan kapal diantaranya yaitu BOR 2%, kebutuhan bollard 4, kebutuhan Luas kolam 159,68 m² dengan kedalaman 4,7 m2, dan kebutuhan tempat parkir seluas 928 m², persepsi pengguna jasa terhadap pelayanan pelabuhan Awerange ditinjau dari persentase kepuasan pengguna jasa mencapai 92% secara keseluruhan. Indikator kepuasan meliputi keselamatan (93%), keamanan (96%), kenyamanan (90%), kemudahan (95%), dan kesetaraan (93%).

Keywords : Pelabuhan; Fasilitas; Kinerja Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Port; Facilities; Service Performance.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 08 Jan 2025 00:34
Last Modified: 08 Jan 2025 00:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40958

Actions (login required)

View Item
View Item