Tabokua, Ikhwal Kaisar Mulia Arta (2024) Analisis Pengaruh Kontrol Pasif Aliran Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Model Kendaraan Dengan Geometri Muka 25° = Analysis of the Effect of Passive Flow Control on Aerodynamic Resistance in Vehicle Models with 25° Face Geometry. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D021181316_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (231kB) | Preview
D021181316_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (690kB)
D021181316_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (161kB)
D021181316_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian berlokasi di Laboratorium Mekanika Fluida Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa fin dan dimple konfigurasi sejajar terhadap drag aerodinamika pada model kendaraan. Objek penelitian ini adalah ahmed body yang telah dimodifikasi dengan kemiringan geometri muka 25°. Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan komputasi dengan memanf aatkan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic Wind Tunnel yang tersedia di Laboratorium Mekanika Fluida. Untuk pendekatan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (Cp), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekatan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dan tiga variasi posisi yaitu 1.5 mm, 11.5 mm, dan 21.5 mm yang diukur dari dinding belakang model uji. Selain itu terdapat kontrol pasif berupa dimple konfigurasi sejajar dengan dimple ratio 0.5 yang diletakkan pada sisi melengkung bagian belakang model uji. Kecepatan upstream yang dialirkan adalah 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, dan 20 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa fin dan dimple konfigurasi sejajar dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan minimum mampu ditingkatkan dan nilai koefisien drag dapat dikurangi dengan reduksi sebesar 7.016 % untuk pendekatan komputasi dan 8.904 % untuk pendekatan eksperimental pada model uji dengan penggunaan variasi kontrol pasif terbaik yaitu fin 1 posisi 1.5 mm (belakang) dan dimple konfigurasi sejajar pada kecepatan upstream 20 m/s.
Keywords : CFD, fin, dimple, karakteristik aliran, koefisien tekanan, koefisien drag
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CFD, fin, dimple, flow characteristics, pressure coefficient, drag coefficient. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 05:53 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 05:53 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40898 |