Muh Nursila, Muh Nursila (2023) Pemasaran ternak Kerbau dari Kabupaten Jeneponto ke Kabupaten Toraja Utara. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
I011171341_skripsi_17-01-2023 COVER1.jpg
Download (211kB) | Preview
I011171341_skripsi_17-01-2023 BAB 1-2.pdf
Download (6MB)
I011171341_skripsi_17-01-2023 DP.pdf
Download (1MB)
I011171341_skripsi_17-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran sehingga dapat mengetahui efisiensi pemasaran ternak kerbau dari kabupaten Jeneponto ke kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto dan pasar hewan Bolu kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan snowball sampling. Hasil Penelitian pada pemasaran ternak kerbau dari kabupaten Jeneponto ke kabupaten Toraja Utara terdapat 2 saluran pemasaran pada pemasaran ternak kerbau yaitu peternak menjual ke agen kemudian dijual ke pedagang besar/Pengumpul di kabupaten Jeneponto lalu menjual ke pedagang pengecer yang berada di kabupaten Toraja Utara kemudian ke konsumen akhir, dan peternak langsung menjual ke pedagang besar kabupaten Jeneponto kemudian dijual ke pedagang pengecer kabupaten Toraja Utara lalu dijual ke konsumen akhir. Saluran pemasaran yang memiliki margin tertinggi adalah saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp.2.000.000/ekor dan terendah pada saluran pemasaran II sebesar Rp.1.700.000/ekor, Sedangkan lembaga pemasaran yang memiliki margin pemasaran tertinggi yaitu pedagang besar/Pengumpul sebesar Rp.1.000.000/ekor dan lembaga pemasaran yang memiliki margin pemasaran terendah yaitu agen Rp.300.000/ekor. Saluran pemasaran yang memperoleh keuntungan pemasaran tertinggi adalah saluran pemasaran I sebesar Rp.1.202.500/ekor dan terendah pada saluran pemasaran II sebesar Rp.940.000/ekor. Lembaga yang memperoleh keuntungan pemasaran tertinggi adalah pedagang pengecer yakni sebesar Rp.490.000/ekor dan terendah agen pada saluran pemasaran I sebesar Rp.262.500/ekor. Efisiensi pemasaran pada dua bentuk saluran pemasaran ternak kerbau adalah efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 05:30 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 05:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40872 |