ANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESA MARGOLEMBO KECAMATAN MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR


Iin Wulan, Khotimah (2023) ANALISIS PEMASARAN KAKAO DI DESA MARGOLEMBO KECAMATAN MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of G021181046_skripsi_07-06-2023 cover1.png]
Preview
Image
G021181046_skripsi_07-06-2023 cover1.png

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of G021181046_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf] Text
G021181046_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of G021181046_skripsi_07-06-2023 dp.pdf] Text
G021181046_skripsi_07-06-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of G021181046_skripsi_07-06-2023.pdf] Text
G021181046_skripsi_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Saluran pemasaran merupakan suatu lembaga atau perusahaan yang saling bekerja sama dalam menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen yang siap digunakan untuk dikonsumsi. Pemasaran menjadi kunci utama dalam usaha agribisnis agar produk pertanian bisa sampai ke pasar atau konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan tiap lembaga pemasaran, besarnya marjin serta tingkat efisiensi pemasaran pada tiap saluran pemasaran yang terbentuk. Analisis dalam penelitian ini meliputi analisis saluran dan fungsi-fungsi pemasaran, marjin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran di Desa Margolembo, dimana saluran I: petani---pedagang besar---perusahaan pengelola kakao---mitra perusahaan dan saluran II: petani---pedagang pengumpul---pedagang besar---perusahaan pengelola kakao---mitra perusahaan. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran biji kakao meliputi fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Nilai marjin, biaya dan keuntungan terbesar terdapat pada saluran II. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran yang diperoleh maka kedua saluran pemasaran di Desa margolembo sudah efisien dan saluran I merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dengan nilai 4.4% dan saluran pemasaran II dengan nilai efisiensi sebesar 6.9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:22
Last Modified: 19 Dec 2024 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40428

Actions (login required)

View Item
View Item