EFEKTIVITAS PERAN SATUAN PETUGAS CYBER PEMILIHAN KEPALA DAERAH DALAM MENANGGULANGI KEJAHATAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sulawesi Selatan)


WENGANG, M. AGUNG ZARDANY R. (2019) EFEKTIVITAS PERAN SATUAN PETUGAS CYBER PEMILIHAN KEPALA DAERAH DALAM MENANGGULANGI KEJAHATAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_B11114031_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_B11114031(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_B11114031(FILEminimizer) ... ok dapus.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_B11114031(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

M. AGUNG ZARDANY R. WENGANG (B111 14031), dengan judul “Efektivitas Peran Satuan Petugas Cyber Pemilihan Kepala Daerah dalam Menanggulangi Kejahatan Ujaran Kebencian di Media Sosial (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polda Sulawesi Selatan)”. Di bawah bimbingan Syamsuddin Muchtar sebagai pembimbing I dan Dara Indrawati sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme Satuan Petugas Cyber Pemilihan Kepala Daerah Kepolisian dalam menanggulangi kejahatan ujaran kebencian di media sosial dan untuk mengetahui efektivitas Satuan Petugas Cyber Pemilihan Kepala Daerah Kepolisian dalam menanggulangi kejahatan ujaran kebencian di media sosial.
Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, tepatnya di Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dengan mencari informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam kasus ini guna mempermudah pembahasan dan penyelesaian penulisan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kepada anggota Cyber Pemilihan Kepala Daerah Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan studi kepustakaan dengan menggunakan referensi-referensi yang relevan dengan permasalahan dalam skripsi penulis.
Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 1) Mekanisme Satuan Petugas Cyber Pemilihan Kepala Daerah dalam menanggulangi kejahatan ujaran kebencian di media sosial adalah dengan cara menonaktifkan akun yang terindikasi melakukan ujaran kebencian, memediasi, dan melakukan penegakan hukum apabila mediasi tidak berhasil. Satgas Cyber Pemilihan Kepala Daerah dalam hal ini berkoordinasi pula dengan Gakkumdu untuk menangani dan mengawasi adanya pelanggaran tindak pidana pemilu. 2) Efektivitas Satgas Cyber Pemilihan Kepala Daerah dalam menanggulangi kejahatan ujaran kebencian adalah dengan cara berkoordinasi dengan Gakkumdu. Koordinasi yang baik antara satgas Cyber Pemilihan Kepala Daerah dengan Gakkumdu membuat pengawasan dan penanganan permasalahan ujaran kebencian di media sosial menjadi optimal. Pengawasan yang dilakukan oleh Satgas Cyber Pemilihan Kepala Daerah adalah mengawasi akun-akun di media sosial yang tidak terdaftar menggunakan aplikasi khusus. Sedangkan akun yang terdaftar secara resmi diawasi oleh Satgas Cyber Pemilihan Kepala Daerah, yang bekerja sama dengan Gakkumdu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:21
Last Modified: 20 Apr 2021 06:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item
View Item