Saira, Adam (2024) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN GULA AREN DESA KALOBBA KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of M011181349_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011181349_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (492kB)
![[thumbnail of M011181349_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg]](/40299/2.hassmallThumbnailVersion/M011181349_skripsi_04-09-2024%20cover1.jpg)

M011181349_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg
Download (223kB) | Preview
![[thumbnail of M011181349_skripsi_04-09-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011181349_skripsi_04-09-2024 dp.pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of M011181349_skripsi_04-09-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
M011181349_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Gula aren Adalah salah satu HHBK yang dikelolah oleh masyarakat di Desa Kalobba Kec.Tellulimpoe Kab.Sinjai. Hasil produksi yang cukup tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada berapa jenis saluran pemasaran yang terdapat di KTH Toribi serta seberapa efisien proses pemasaran gula aren yang terdapat di Desa Kalobba terutama di KTH Toribi. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari responden dengan cara wawancara, mengisi kuisioner, serta observasi langsung. terdiri dari identitas responden, bentuk pengelolaan gula aren, banyaknya produksi gula aren, serta biaya-biaya yang dikeluarkan selama pengelolaan. Data sekunder berupa data yang diperoleh melalui studi literatur, literasi dari instansi terkait, termasuk keadaan umum lokasi serta informasi lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga saluran pemasaran yang digunakan dan ada 4 tahapan proses produksi yang dilakukan yaitu proses penyadapan, proses pemasakan, proses pencetakan dan proses pengemasan. Semua saluran dikatakan efisien karena berada pada angka < 50%. Semakin banyak jumlah produk yang dipasarkan maka nilai efisiensi semakin kecil yang menunjukkan bahwa pemasaran tersebut semakin efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kehutanan > Kehutanan |
Depositing User: | Unnamed user with username chandra |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:51 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40299 |