Pengaruh Relationship Marketing (RM) terhadap Customer Loyalty melalui Customer Retention pada Pelanggan Pakan Ternak Ayam Layer di Perusahaan PT. Japfa Comfeed Tbk. Unit Makassar


Akbar, Muhammad Alwi (2024) Pengaruh Relationship Marketing (RM) terhadap Customer Loyalty melalui Customer Retention pada Pelanggan Pakan Ternak Ayam Layer di Perusahaan PT. Japfa Comfeed Tbk. Unit Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I012221010_tesis_02-09-2024 1-2.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I012221010_tesis_02-09-2024 cover1.png

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
I012221010_tesis_02-09-2024 dp.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
I012221010_tesis_02-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Perusahaan pakan memerlukan strategi untuk mempertahankan pelanggannya demi mendapatkan loyalitas dan mempertahankan laba. Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah memperhatikan relationship marketing. Penerapan relationship marketing dapat membantu perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan, yang kemudian berpotensi menghasilkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh relationship marketing tehadap customer loyalty melalui customer retention pada pelanggan pakan ternak ayam petelur di Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel penelitian ini adalah pelanggan pakan ternak ayam petelur sejumlah 150 responden, dan alat analisis yang digunakan adalah partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Model yang dikembangkan terdiri dari 21 variabel, yang dibagi menjadi tiga konstruk: relationship marketing, customer loyalty, dan customer retention. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya relationship marketing karena berpengaruh terhadap customer retention dan perlu dpertahankan oleh perusahaan. Relationship marketing dan customer retention mengarah pada komitmen, kepercayaan, komunikasi dan hubungan timbal balik antara perusahaan dan pelanggan. Customer retention terjadi karena terciptanya kepercayaan, yang menjadi aspek kunci dalam menjaga hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini mengakibatkan timbulnya loyalitas pelanggan karena mereka tidak merasa khawatir terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan. Jika perusahaan pakan menerapkan strategi relationship marketing dengan baik, maka mereka memiliki peluang untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjaga laba perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing; Customer Loyalty; Customer Retention; Layer Feed
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Ilmu dan Teknologi Peternakan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 17 Dec 2024 01:02
Last Modified: 17 Dec 2024 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40279

Actions (login required)

View Item
View Item