Chen, Billy (2024) Game Edukasi Menggunakan Ren’Py Dengan User Centered Design Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia = Educational Game Using Ren’Py with User-Centered Design: A Case Study of Indonesian Language Subject. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D121171522_skripsi_06-09-2024 cover1.jpg
Download (239kB) | Preview
D121171522_skripsi_06-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D121171522_skripsi_06-09-2024 dp.pdf
Download (1MB)
D121171522_skripsi_06-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 August 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa- Bangsa atau UNESCO. Namun, banyak siswa yang kurang termotivasi atau berminat mempelajari bahasa Indonesia karena banyak sebab dan hal. Dengan banyaknya siswa yang bermain game, game edukasi pun dapat dijadikan media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi menggunakan Ren’Py dengan metode User Centered Design (UCD) yang melibatkan siswa dan guru dalam pengembangan game. Tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan dan mengevaluasi game yang tidak hanya edukatif tetapi juga menarik dan memotivasi, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia mulai dari penggunaan kalimat transitif dan intransitif sampai dengan penggunaan kalimat fakta dan opini. Metode yang digunakan melibatkan integrasi feedback dari guru dan siswa-siswi selaku responden dalam proses desain dan pengembangan game. Proses ini meliputi analisis kebutuhan, desain game, pengembangan, dan pengujian yang menyeluruh. Pengembangan game dilakukan menggunakan game engine Ren’Py. Pengujian dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pembelajaran, serta pengujian usability untuk menilai keterlibatan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor post-test dibandingkan dengan pre-test sebesar 18,617%, di mana selisih nilainya sebesar 14,35625, yang mengindikasikan efektivitas metode UCD dalam pengembangan game dalam meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Uji hipotesis menyatakan nilai p-value sebesar 0.00000567, yang berada jauh di bawah ambang batas alpha 0.05, menegaskan perbedaan signifikan pada rata-rata pre-test dan post-test. Evaluasi lebih lanjut melalui pengujian usability memberikan skor rata-rata 7,971429, menandakan bahwa game ini tidak hanya efektif tetapi juga menarik dan memuaskan bagi pengguna.
Kata Kunci : User Centered Design, game edukasi, pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Centered Design, educational game, Indonesian language learning |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:02 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40205 |