PEMODELAN SIMULASI PERUBAHAN ARAH LALU LINTAS KAWASAN PANTAI LOSARI MAKASSAR BERBASIS MIKROSIMULASI LALU LINTAS


RUSMIN, MUHAMMAD (2019) PEMODELAN SIMULASI PERUBAHAN ARAH LALU LINTAS KAWASAN PANTAI LOSARI MAKASSAR BERBASIS MIKROSIMULASI LALU LINTAS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_P2302215002_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_P2302215002(FILEminimizer)...ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_P2302215002(FILEminimizer)...ok dapus.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_P2302215002(FILEminimizer)...ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD RUSMIN. Analisis Kinerja Lalu Lintas Pada Kawasan Pantai Losari Makassar (dibimbing oleh Sakti Adji Adisasmita dan Muhammad Isran Ramli)
Pemerintah Kota Makassar berencana menerapkan sistem perubahan jalur (one way) di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan kebijakan perubahan arah lalu lintas ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan kota khususnya kawasan pantai Losari yang semakin bertambah parah. Kompleksitas permasalahan dalam memodelkan sistem mengisyaratkan dibutuhkannya model simulasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja lalu lintas pada kawasan pantai losari Makassar. Pemodelan simulasi kawasan pantai Losari Makassar menggunakan software VISSIM dikarenakan dapat memberi gambaran mengenai kondisi lapangan dalam bentuk simulasi 2D dan 3D. Dari simulasi yang dilakukan dengan penugasan dinamis, diperoleh hasil panjang antrian maksimal pada ruas jalan Penghibur sepanjang 508,64 meter dan tundaan 69,21 detik di pagi hari pada simpang jalan Penghibur – Datu Museng – Somba Opu, panjang antrian 508,81 meter dan tundaan 82,63 detik di sore hari pada simpang jalan Penghibur – Datu Museng – Somba Opu ruas jalan Penghibur dan di siang hari panjang antrian 148,15 meter dan tundaan 38,96 detik pada simpang jalan Pasar Ikan – Pattimura – Ujung Pandang ruas jalan Pasar Ikan. Antrian dan tundaan yang terjadi di akibatkan oleh konflik antar kendaraan, padatnya kendaraan, serta banyaknya kesalahan pengemudi dalam mengambil lajur sebelum persimpangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan upaya rekayasa lalu lintas dengan simpang bersinyal atau perubahan arah pergerakan lalu lintas.
Kata Kunci : Losari Makassar, Panjang Antrian, Penugasan Dinamis, Tundaan, Vissim

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:42
Last Modified: 24 Mar 2021 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4007

Actions (login required)

View Item
View Item