Ramadhan, Fadhil Rahmat (2024) STUDI TAHANAN KAPAL BERLAMBUNG PLANNING HULL DEADRISE ANGLE 10 DERAJAT DAN STEPPED 2U MENGGUNAKAN ANSYS FLUENT = Study of Planning Hull Ship with 10 Degrees Deadrise Angle and Stepped 2U Using Ansys Fluent. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031191082_skripsi_14-05-2024 cover1.png
Download (166kB) | Preview
D031191082_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (651kB)
D031191082_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
D031191082_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Desain kapal karakter kecepatan tinggi yang telah populer untuk kepentingan pariwisata, rekreasi, penyelamatan maupun untuk kepentingan militer. Kapal planning hull merupakan desain kapal cepat yang sebagian besar berat kapal ditopang oleh gaya angkat hidrodinamika (lifting force). Optimalisasi efisiensi desain kapal yaitu desain kapal dengan kecepatan optimum namun penggunaan daya mesin yang seminimal mungkin. Kapal dapat bergerak dengan kecepatan tertentu terjadi karena gaya yang mendorong kapal lebih besar dari tahanan kapal. Tahanan kapal merupakan gaya yang bekerja pada kapal yang berlawanan dengan arah gerak kapal yang terjadi karena adanya interaksi lambung kapal dengan fluida. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi lambung kapal dengan menambahkan stepped 2U. Stepped hull ini bertujuan untuk mengurangi luas bidang basah karena adanya turbulensi dibawah lambung kapal dan akan meningkatkan gaya angkat (lifting force) hal ini yang akan mengurangi tahanan kapal. Metode yang digunakan adalah metode numerik dengan menggunakan software Rhinocerros 5 dan Maxsurf modeller untuk pemodelan kapal dan menggunakan ANSYS Fluent untuk menganalisis tahanan kapal. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa persentase perbandingan koefisien tahanan model kapal 2 stepped 2U dengan 1 stepped 2U lebih kecil sebesar 5.31% hingga 10.03%, untuk model kapal 3 stepped 2U dibandingkan dengan model kapal 2 stepped 2U yaitu lebih kecil sebesar 13.81% hingga 24.60%, sedangkan untuk model kapal 3 stepped 2U dibandingkan dengan 1 stepped 2U yaitu lebih kecil sebesar 19.50% hingga 31.24%.
Keywords : Planning Hul, Tahanan kapal, Stepped, ANSYS Fluent
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Planning Hull, Ship resistance, Stepped, ANSYS Fluent. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39971 |