Analisis Pengaruh Deformasi Pada Kekuatan Sisa Konstruksi Sisi Barge = Analysis of the Effect of Deformation on the Residual Strength of Barge Side Construction


Ayudha, Amanda Putri (2024) Analisis Pengaruh Deformasi Pada Kekuatan Sisa Konstruksi Sisi Barge = Analysis of the Effect of Deformation on the Residual Strength of Barge Side Construction. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191032_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191032_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191032_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191032_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam operasi kapal ada kemungkinan terjadi tubrukan, ditubruk, dan seterusnya. Hal ini mengakibatkan plate pada sisi kapal mengalami kerobekan atau terdeformasi secara permanen. Dalam hal mengalami kerobekan, maka yang harus dilakukan ialah langsung mengganti (repair) pelat tersebut sedangkan jika terjadi deformasi permanen, maka kemungkinan yang terjadi diduga terdapat sisa kekuatan struktur tidak dapat lagi menahan beban yang bekerja. Kejadian yang dialami oleh kapal BG. JUANITA karena menabrak kapal yang berada disekitaran Sungai saat cuaca buruk. Hal ini menyebabkan deformasi pada pelat sisi haluan kapal. Deformasi pelat sisi beserta gadingnya diduga dapat mengurangi kekuatan konstruksi pada kapal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan pelat sisi yang dikaitkan dengan tingkat deformasinya serta mengidentifikasi hubungan antara besarnya deformasi dan kekuatan sisa struktur. Analisis yang digunakan adalah simulasi kuantitatif menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software ANSYS APDL. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa besar beban yang diberikan pada model plat sisi kapal yang terdeformasi memberikan respon berupa tegangan, dimana semakin besar penambahan beban nya maka akan semakin besar nilai tegangannya. Tegangan maksimum pada model tanpa deformasi untuk tegangan von-Mises dengan variasi pertambahan beban maksimum sebesar 158,474 N/mm2 dan untuk variasi model deformasi 123 mm menghasilkan tegangan von-Mises dengan variasi pertambahan beban maksimum sebesar 312,444 N/mm2. Selain itu, untuk kekuatan sisa pada model tanpa deformasi dapat menahan berbagai bentuk tekanan, beban yang mungkin menyebabkan kerusakan pada struktur sebesar 45,87% dan untuk model deformasi 123 mm hanya dapat menahan beban sebesar -12,31%. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kapal tetap aman dan dapat diandalkan selama berlayar dilaut.

Keywords : Tongkang, Deformasi, Kekuatan Sisa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Barge, Deformation, Residual Strength.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:14
Last Modified: 28 Nov 2024 06:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39949

Actions (login required)

View Item
View Item