STUDI TAHANAN KAPAL BERLAMBUNG PLANNING HULL DEADRISE ANGLE 10 DERAJAT DAN STEPPED HULL 2V MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT = Study of Ship Resistance with 10-Degree Planning Hull Deadrise Angle and 2V Stepped Hull Using Ansys fluent Application


Patiroi, Putri Diana Nurfani (2024) STUDI TAHANAN KAPAL BERLAMBUNG PLANNING HULL DEADRISE ANGLE 10 DERAJAT DAN STEPPED HULL 2V MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT = Study of Ship Resistance with 10-Degree Planning Hull Deadrise Angle and 2V Stepped Hull Using Ansys fluent Application. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191023_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191023_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191023_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (938kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191023_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tahanan kapal akibat variasi lambung planning hull dengan sudut deadrise 10° dan stepped hull 2V menggunakan aplikasi Ansys Fluent. Desain lambung kapal berkecepatan tinggi, khususnya planning hull, menjadi fokus utama dalam peningkatan efisiensi kapal. Stepped hull merupakan salah satu modifikasi yang dapat mengurangi tahanan kapal dengan mengurangi luas bidang basah dan meningkatkan gaya angkat hidrodinamis pada kecepatan tinggi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penambahan stepped hull menghasilkan penurunan signifikan pada tahanan kapal. Metode yang digunakang dalam penelitian ini adalah metode numeric dengan bantuan software maxurft pro modeller dan rhinocheros 6 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model kapal yang menggunakan 3 stepped lebih baik dan efektif dalam mengurangi nilai tahanan kapal dibandingkan model kapal yang menggunakan 1 stepped dan 2 stepped. Perbandingan hasil analisis tahanan pada model 1 stepped 2V menggunakan Ansys Fluent rata-rata 66% lebih kecil dibandingkan dengan Autodesk Maxsurf. Pada model 2 stepped 2V mengunakan Ansys Fluent rata-rata 52% lebih kecil dibandingkan dengan Masxurf. Sedangkan pada model 3 stepped 2V menggunakan Ansys Fluent rata-rata 56% lebih kecil dibandingkan dengan Maxsruf.

Keywords : Tahanan Kapal, Stepped Hull, ANSYS Fluen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ship Resistance, Stepped Hull, ANSYS Fluent.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:46
Last Modified: 05 Dec 2024 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39939

Actions (login required)

View Item
View Item