Studi Tahanan Kapal Akibat Double Triangular Vortex Generator: Posisi Berlawanan Arah = Study of Ship Resistance Due To Double Triangular Vortex Generator: Position In The Opposite Direction


Syaiful, Syaiful (2024) Studi Tahanan Kapal Akibat Double Triangular Vortex Generator: Posisi Berlawanan Arah = Study of Ship Resistance Due To Double Triangular Vortex Generator: Position In The Opposite Direction. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181023_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181023_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181023_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181023_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Syaiful, “Studi Tahanan Kapal Akibat Double Triangular Vortex Generator: Posisi Berlawanan Arah” (Dibimbing oleh Rosmani dan Muhammad Akbar Asis).
Salah satu komponen yang harus dipertimbangkan dalam mendesain kapal yakni tahanan kapal. Agar meminimalisir besarnya nilai tahanan kapal juga dapat dilakukan modifikasi pada lambung kapal, yakni dengan pemasangan Vortex Generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai tahanan kapal menggunakan vortex generator dan tanpa vortex generator serta mengetahui karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 7 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya nilai tahanan akibat penambahan vortex generator dibandingkan dengan tanpa vortex generator. Melalui penelitian ini diketahui terjadi pengurangan nilai tahanan model kapal pada kondisi trim 0° hingga 3° dengan adanya penambahan vortex generator. Dengan persentase pengurangan terbesar terjadi pada kondisi trim 1° yaitu 25,65% lebih kecil dibanding dengan model kapal tanpa vortex generator dengan menggunakan kecepatan 1,513 m/s.

Kata Kunci: Tahanan Kapal, Vortex Generator, dan Autodesk CFD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ship Resistance, Vortex Generator, and Autodesk CFD.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:33
Last Modified: 05 Dec 2024 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39926

Actions (login required)

View Item
View Item