ANALISIS BEBAN EMISI PADA BUNDARAN JALAN RAYA KOTA MAKASSAR BERBASIS PEMODELAN VISSIM


ASYA, NUR (2019) ANALISIS BEBAN EMISI PADA BUNDARAN JALAN RAYA KOTA MAKASSAR BERBASIS PEMODELAN VISSIM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_D12114503_Cover1.jpg

Download (2kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_D12114503(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_D12114503(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_D12114503(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Transportasi merupakan sektor utama penyumbang pencemaran udara. Tingginya populasi kendaraan, kurangnya ketersediaan ruang jalan, serta aktivitas kegiatan sisi jalan merupakan penyebab kemacetan lalulintas. Kemacetan lalulintas menyebabkan tingginya kadar polutan yang ada di jalan raya terutama di daerah perkotaan. Penelitian ini difokuskan pada analisis jumlah emisi gas buang kendaraan (CO dan NOx) yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar kendaran bemotor. Penelitian ini dilakukan di 3 lokasi tepatnya di daerah bundaran Jalan Raya kota Makassar yaitu Bundaran Samata, Bundaran Tugu Mandiri, dan Bundaran Mandai. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan secara mikrosimulasi dengan alat bantu yang berupa Sotware VISSIM. Dalam hal ini juga dilakukan analisis beban emisi mengenai faktor yang mempengaruhi beban emisi CO dan NOx dari kendaraan bermotor pada Jalan Raya.
Dari hasil simulasi Vissim yang telah dikalibrasi, maka diperoleh nilai CO terbesar untuk bundaran Samata sebesar 4,016.31 gr/Jam sedangkan nilai NOx sebesar 781.43 gr/Jam. Untuk bundaran Tugu Mandiri nilai emisi terbesar untuk CO sebesar 605.44 gr/Jam sedangkan nilai NOx sebesar 117.80 gr/Jam. Kemudian untuk Bundaran Mandai nilai emisi terbesar untuk CO sebesar 6,391.77 gr/Jam sedangkan nilai NOx sebesar 1,243.61 gr/Jam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban emisi CO dan NOx dari hasil pemodelan Vissim di Bundaran Samata, Mandiri dan Mandai Kota Makassar memiliki nilai yang berbeda dengan hasil perhitungan beban emisi. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perbedaan tersebut ialah adanya perbedaan antara nilai faktor emisi yang digunakan pada perhitungan rumus dengan yang digunakan pada pemodelan Vissim untuk setiap jenis kendaraan bermotor.
Kata Kunci : Emisi gas Buang, CO dan NOx, Mikro-simulasi, Vissim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:43
Last Modified: 24 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item
View Item