PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN UMUM RUMAH SAKIT ANGKATAN LAUT JALA AMMARI LANTAMAL VI MAKASSAR


Zulfitri, Zulfitri (2007) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN UMUM RUMAH SAKIT ANGKATAN LAUT JALA AMMARI LANTAMAL VI MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
zulfitri-71-1-ps016 cover.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
zulfitri-71-1-ps016 1-2.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
zulfitri-71-1-ps016 dapus-lam.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
zulfitri-71-1-ps016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract (Abstrak)

Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Jala Ammari Lantamal VI Makassar selain sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi anggota TNI AL dan keluarganya, juga diharapkan menjadi rumah sakit pilihan bagi masyarakat umum. Namun sejak tahun 2003 sampai tahun 2006, kunjungan pasien umum tidak ada peningkatan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, petugas medis, proses dan penampilan fisik) terhadap kepuasan dan loyalitas pasien umum dalam memanfaatkan pelayanan yang disediakan RSAL Jala Ammari Lantamal VI Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif-eksplanatori dengan pendekatan survey analitik dan cross sectional. Sampel diambil secara purposive sampling pada bagian rawat jalan dan rawat inap sebesar 200 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan perangkat lunak AMOS versi 4.01 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh variabel independen meliputi produk, harga, tempat, promosi, petugas medis, proses dan tampilan fisik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien umum RSAL Jala Ammari Lantamal VI Makassar. Pengaruh langsung masing-masing variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien umum untuk produk = 0,324, harga = 0,162, tempat = 0,461, promosi = 0,326, petugas medis = 0,478, proses = 0,303 dan tampilan fisik = 0,779. Sedangkan pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas pasien umum = 0,45. Disimpulkan bahwa variabel-variabel bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pasien umum RSAL Jala Ammari Lantamal VI Makassar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:19
Last Modified: 23 Mar 2021 07:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item
View Item