Angraeni, Anggun (2023) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH PESERTA DIDIK KEDOKTERAN (DOKTER RESIDEN) DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181070_skripsi_30-03-2023 cover1.jpg
Download (264kB) | Preview
K011181070_skripsi_30-03-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
K011181070_skripsi_30-03-2023 dp.pdf
Download (2MB)
K011181070_skripsi_30-03-2023.pdf
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
UNIVERSITAS HASANUDDIN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT MANAJEMEN RUMAH SAKIT MAKASSAR
ANGGUN ANGRAENI
“Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Yang Diberikan Oleh Peserta Didik Kedokteran (Dokter Residen) di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2022”
(xvii + 148 halaman + 18 Tabel + 2 Gambar + 9 Lampiran)
Pada akhir 2013, dunia medis Indonesia digemparkan dengan kasus malpraktik yang dituduhkan kepada 3 orang dokter residen di RS Kandou Malalayang Manado yang menyebabkan pasien meninggal dunia. Penelitian sebelumnya oleh Emilia (2011) juga mengatakan bahwa keselamatan pasien oleh dokter residen masih dikatakan rendah bahkan lebih rendah dari perawat. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh dokter residen masih belum baik sehingga menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap dokter residen. Sedangkan di beberapa RS kebanyakan DPJP hanya menyerahkan tugasnya kepada dokter residen. Salah satunya Rumah Sakit Universitas Hasanuddin yang merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki banyak dokter residen yang dimana belum diketahui apakah dokter residen tersebut mampu memberikan pelayanan dengan kualitas yang baik atau belum.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh peserta didik kedokteran (dokter residen) di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien Rumah Sakit Universitas Hasanuddin tahun 2021 yang mendapatkan pelayanan dari dokter residen yaitu sebanyak 2026 pasien dengan sampel sebesar 92 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Selanjutnya analisis menggunakan aplikasi SPSS secara univariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan 6 dimensi (keamanan, ketepatan waktu, professionalism and skill, attitudes and behavior, communication, dan understanding the customer) yaitu puas sebanyak 48 responden (52,2%) sedangkan tidak puas sebanyak 44 responden (47,8%).
Diharapkan dokter residen mampu memberikan pelayanan dengan baik dan sesuai prosedur agar terjamin keamanan pasien serta mampu bersikap peduli selama memberikan pelayanan terhadap pasien sehingga dapat memberikan kesan puas terhadap pasien.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan, Dokter Residen Daftar Pustaka : 45 (2011-2021)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39575 |