Hubungan Response Time Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Mata Makassar


Valentina, Aurelie Daud (2024) Hubungan Response Time Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Mata Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011201067_skripsi_19-08-2024 bab I-II.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011201067_skripsi_19-08-2024 cover1.jpg

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
R011201067_skripsi_19-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R011201067_skripsi_19-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Instalasi Gawat Darurat merupakan salah satu pintu utama masuknya pasien ke rumah sakit. Standar response time pelayanan diberikan ≤ 5 menit setelah pasien datang. Response time merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien di IGD. Sama halnya yang terjadi pada kegawatdaruratan mata, jika terjadi keterlambatan dalam penanganannya maka dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan yang bersifat permanen yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Mata Makassar.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yakni 65 responden. Pengambilan data dilakukan dengan observasi response time dan membagikan kuesioner secara langsung mengenai kepuasan pasien.

Hasil: Dari 65 responden terdapat 2 (3.1.%) responden dengan response time yang lambat dan terdapat 19 (29.2%) responden merasa kurang puas. Dari hasil uji chi square didapatkan tidak terdapat hubungan antara response time perawat dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Mata Makassar dengan p-value 0.356 (p>0.05).

Kesimpulan dan Saran: Mayoritas responden mendapatkan response time yang cepat dan merasa puas. Tidak terdapat hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Mata Makassar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan response time perawat dan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Response Time; Kepuasan Pasien; Instalasi Gawat Darurat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:11
Last Modified: 19 Nov 2024 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39506

Actions (login required)

View Item
View Item